Kompetensi Utama

Layanan


Hakteknas 2018, Anugerah Iptek dan Inovasi Diberikan untuk 8 Pemenang
Penulis : Redaksi • Media : frefind.com • 10 Aug 2018 • Dibaca : 1338 x ,

PEKANBARU – Kementerian Riset dan Teknologi memberikan penghargaan kepada 8 penerima mulai dari pemerintah daerah, institusi hingga masyarakat. Hal ini dilakukan dalam rangka memperingati Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas) 2018.

Direktur Jenderal (Dirjen) Penguatan Inovasi Kementerian Teknologi Informasi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) Jumain Appe menyatakan, Hakteknas 2018 dihadiri sebanyak 2.000 komunitas iptek dan inovasi di seluruh Indonesia.

“Sedangkan pameran Ritech Expo diikuti oleh kurang lebih 120 institusi yang berasal dari perguruan tinggi, Balitbang daerah, kementerian dan lembaga, dunia usaha atau industri dan BUMN, unit utama dan program unggulan Kemenristekdikti, asosiasi dan komunitas, demo produk, workshop atau seminar, temu bisnis, dan rangkaian perlombaan,” ujar Jumain di Pekanbaru, Jumat (10/8/2018).

Dia menjelaskan, pada kegiatan Ritech Expo tersebut, banyak produk inovasi dan teknologi terbaru yang dipamerkan oleh perguruan tinggi, lembaga litbang dan industri. “Khusus bidang fokus pangan dan energi di Ritech Expo dalam format pameran “eye cathcing,” tuturnya.

Pada kegiatan tersebut Menristekdikti Mohammad Nasir selain menyerahkan bantuan produk inovasi kepada masyarakat dan mahasiswa terbaik, juga berkesempatan memberi penghargaan kepada para pemenang Anugerah Iptek dan Inovasi 2018 untuk 8 kategori, yakni:

1. Anugerah Budhipura, untuk mengapresiasi prestasi Pemerintah Daerah Provinsi atas penguatan Sistem Inovasi Daerah, diberikan kepada: Pemerintah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

2. Anugerah Budhipraja, untuk mengapresiasi prestasi Pemerintah Daerah Kabupaten/ Kota dalam penguatan Sistem Inovasi Daerah, dengan penerima: Pemerintah Kota Magelang.

3. Anugerah Widyapadhi, untuk mengapresiasi prestasi Perguruan Tinggi dalam membangun Sistem Inovasi melalui penguatan kebijakan, kelembagaan, sumber daya, dan jaringan inovasi untuk menghasilkan produk inovasi, dengan penerima: Institut Pertanian Bogor (IPB).

4. Anugerah Prayoga Sala, untuk mengapresiasi prestasi Lembaga Pemerintah Non Kementerian, Pusat Unggulan Iptek dan Lembaga Penelitian dan Pengembangan dalam membangun Sistem Inovasi melalui penguatan kebijakan, kelembagaan, sumber daya, dan jaringan inovasi untuk menghasilkan produk inovasi, dengan penerima: Pusat Sains Teknologi Atmosfer, LAPAN.

5. Anugerah Abyudaya, untuk mengapresiasi prestasi industri dalam pemanfaatan hasil penelitian dan pengembangan dan membangun Sistem Inovasi melalui penguatan kebijakan, kelembagaan, sumber daya, dan jaringan inovasi untuk menghasilkan produk inovasi, dengan penerima: PT. Industri Kereta Api (PT.INKA).

6. Anugerah Adibrata, untuk mengapresiasi prestasi masyarakat ilmiah dalam menghasilkan produk inovasi, dengan penerima: Prof. Dr. Ir. Subagjo (ITB).

7. Anugerah Labdha Kretya, untuk mengapresiasi prestasi masyarakat umum dalam menghasilkan produk inovasi, dengan penerima: D. Rubiyanto Hadi Pramono.

8. Anugerah Widya Kridha, untuk mengapresiasi prestasi lembaga non-pemerintah dan kelompok masyarakat atas dukungannya dalam mendorong penguatan sistem inovasi, dengan penerima: Cikarang Techno Park. (yau)

(rhs)






Sumber : http://www.frefind.com/2018/08/10/hakteknas-2018-anugerah-iptek-dan-inovasi-diberikan-untuk-8-pemenang/








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL