Kompetensi Utama

Layanan


Jepang Rampungkan Teleskop Terbesar Dalam Negeri
Penulis : Redaksi • Media : nhk.or.jp • 17 Aug 2018 • Dibaca : 463 x ,

Sebuah tim peneliti di Universitas Kyoto mengumumkan teleskop terbesar yang pernah dibuat di Jepang. Para peneliti di Fakultas Sains Universitas Kyoto itu pada hari Jumat (17/08/2018) mengizinkan media untuk meliput teleskop Seimei tersebut yang berada di puncak gunung di Provinsi Okayama, Jepang barat. Teleskop itu memiliki diameter 3,8 meter.

Tim peneliti tersebut membuat teleskop Seimei dengan harapan dapat menjalankan penelitian dengan leluasa, mengingat bahwa teleskop ukuran besar di dunia biasanya dibangun sebagai bagian dari proyek multinasional.

Para ilmuwan perlu mengajukan permohonan untuk menggunakan teleskop itu dan hanya akan mendapatkan alokasi waktu yang terbatas. Para peneliti di Universitas Kyoto mengembangkan komponen-komponen orisinal untuk memangkas biaya.

Mereka mendirikan perusahaan patungan di Kota Seki, yang dikenal dengan pembuatan pedang tradisionalnya, untuk memproduksi 18 cermin yang menjadi komponen inti dari teleskop tersebut. Jika digabungkan dengan upaya pemangkasan biaya lainnya, tim tersebut membangun Seimei dengan biaya 1,5 miliar yen, atau sekitar 14 juta dolar, sepertiga dari biaya pembuatan teleskop dengan ukuran serupa.



Sumber : https://www3.nhk.or.jp/nhkworld/id/news/97785/








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL