Kompetensi Utama

Layanan


LAPAN Turut Mendukung Terselenggaranya Ekspedisi Papua Terang.
Penulis Berita : Humas/Lel • Fotografer : Humas/Lel • 25 Aug 2018 • Dibaca : 8278 x ,

Sekretaris Utama LAPAN, Prof. Dr. Erna Sri Adiningsih (tengah) menandatangani MoU antara LAPAN dengan PT. PLN (persero)

Di Jayapura telah ditandatangani MoU antara LAPAN dengan PT PLN Persero tentang Sinergi Teknologi Penerbangan dan Antariksa dengan Usaha Penyediaan Listrik untuk Kepentingan Umum pada hari Jum’at (23/8). LAPAN yang diwakili oleh Sekretaris Utama, Prof. Dr. Erna Sri Adiningsih dan PT. PLN oleh Direktur Bisnis Regional Maluku dan Papua PT. PLN, Ahmad Rofik. Menteri BUMN, Rini Sumarno turut menyaksikan penandatanganan MoU ini.

Penandatanganan ini dilaksanakan dalam rangkaian acara Peresmian Gardu Induk dan Transmisi 150 kV Holtekamp - Jayapura dan Sharing Session Relawan Ekspedisi Papua Terang bersama Menteri Badan Usaha Milik Negara, Rini M. Soemarno. Untuk menjaga aksesibilitas masyarakat guna mendapatkan listrik dan mewujudkan keadilan energi bagi seluruh rakyat Indonesia, pemerintah melalui PT. PLN Persero berupaya untuk terus meningkatkan rasio desa yang berlistrik terutama di Indonesia Bagian Timur. 

Beberapa tahun belakangan ini, PLN berupaya untuk meningkatkan infrastruktur ketenagalistrikan desa-desa di provinsi Papua. Dalam sambutannya, Ahmad Rofik menyampaikan bahwa untuk meningkatkan elektrifikasi dibutuhkan sinergi kerjasama dari berbagai pihak, untuk itu PLN bekerjasama dengan Universitas Indonesia, Institut Teknologi Bandung, Universitas Gajah Mada, Institut Teknologi Sepuluh November, Universitas Cendrawasih, LAPAN, TNI AD dan Pemerintah Daerah menjalankan program ekspedisi Papua Terang dalam upaya mempercepat pembangunan infrastruktur ketenagalistrikan di Papua. 

Ahmad Rofik juga berterima kasih kepada semua pihak yang telah mensukseskan Ekspedisi Papua Terang serta kepada LAPAN yang telah membekali tim dengan data satelit penginderaan jauh beresolusi tinggi dan sangat tinggi sehingga sekarang tim dimudahkan mendapat gambaran akses menuju kampung. 

Acara dilanjutkan dengan Peresmian Gardu Induk dan Transmisi 150kV oleh Ibu Menteri BUMN. Dalam sambutannya, Ibu Menteri menyatakan rasa bangganya kepada para mahasiswa yang terlibat dalam Ekpedisi Papua Terang. Ekspedisi Papua Terang sendiri melibatkan sebanyak 500 orang. Beliau juga menyampaikan pentingnya kerja sama dengan beberapa perguruan tinggi, kerja sama dengan LAPAN sehingga survei di tanah Papua dapat dilaksanakan dengan baik. Rini juga berharap bahwa Ekspedisi Papua Terang bisa mempercepat penerangan seluruh masyarakat Papua.


Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL