Kompetensi Utama

Layanan


LAPAN Dukung Penanganan Bencana Gempa Bumi di Lombok
Penulis Berita : Humas/And • Fotografer : Dok. Pusfatja • 26 Aug 2018 • Dibaca : 6720 x ,

Salah satu Data Citra Satelit wilayah Lombok Utara pasca kejadian gempa bumi yang disediakan LAPAN untuk kebutuhan mitigasi bencana.

Wilayah Indonesia kembali diguncang bencana gempa bumi. Pada dua bulan terakhir, terjadi tiga kali gempa bumi di wilayah Lombok. Secara berurutan gempa terjadi pada Juli, kemudian 5 Agustus, dan terakhir 19 Agustus 2018 yang melanda Lombok Timur. Gempa berkekuatan besar tersebut membangkitkan 88 kali gempa susulan dengan 8 kali berkekuatan siginfikan, sehingga guncangannya sangat terasa bagi penduduk yang bermukim di wilayah tersebut.

Maka, LAPAN berkontribusi dalam upaya penanganan darurat tanggap bencana sesuai dengan tugas dan fungsinya. Sebagaimana penjelasan Kepala Bidang Diseminasi Pusat Pemanfaatan Penginderaan Jauh, Muhammad Priyatna, LAPAN menyediakan data citra satelit untuk informasi identifikasi permukiman sebelum dan sesudah kejadian bencana untuk beberapa kota di Nusa Tenggara Barat (NTB).

Data yang digunakan yaitu data satelit spot 6/7 dan citra satelit resolusi sangat tinggi, terraSAR, dan sentinel. “Data tersebut berupa peta layout wilayah. Data itu pemanfaatannya untuk memudahkan pengambilan keputusan di lapangan untuk mitigasi bencana pasca gempa,” jelasnya. Untuk mengolah dan memanfaatkan data tersebut, LAPAN bekerja sama dengan Pastigana BNPB, BPBD NTB, serta institusi terkait lainnya.

Ia juga mengimbuhkan, bahwa LAPAN bekerja sama dengan sentinel, Jaxa, RSO, DLR, International Charter. Dengan jalinan tersebut, harapannya untuk kondisi darurat seperti ini, LAPAN dibantu dalam hal penyediaan data yang belum dimiliki.

Sementara, di bidang lainnya, LAPAN juga berkontribusi dengan menyediakan fasilitas komunikasi radio amatir pada Satelit LAPAN-A2/LAPAN-ORARI untuk keperluan komunikasi pasca terjadinya bencana. Satelit LAPAN-A2 (IO-86) diaktifkan untuk membantu komunikasi antar relawan penanganan bencana di Lombok. Hal tersebut untuk mengatasi kesulitan sarana komunikasi khususnya di wilayah Lombok Utara dan Lombok Timur lantaran kerusakan prasarana jaringan komunikasi akibat gempa.

Salah satu upaya yang dilakukan adalah menyediakan akses komunikasi ke daerah-daerah yang kurang cakupan jaringan seluler. Dalam hal ini, LAPAN bekerja sama dengan ORARI terutama dari segi teknis pelaksanaan di lapangan.


Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL