Kompetensi Utama

Layanan


Sadar Tertib Arsip di Lingkungan LAPAN untuk Mewujudkan Pusat Unggulan IPTEK Penerbangan dan Antarksa
Penulis Berita : Humas/rz • Fotografer : Humas/rz • 05 Sep 2018 • Dibaca : 458 x ,

Poto Bersama Kepala LAPAN beserta jajarannya usai penandatanganan komitmen sadar tertib arsip.

Undang-Undang Nomor 43 Tahun 2009 tentang Kearsipan maupun Peraturan Pemerintah Nomor 28 Tahun 2012 tentang Pelaksanaan Undang-Undang Nomor 43 Tahun 2009 tentang Kearsipan, sebenarnya telah mengatur dan bahkan mewajibkan setiap lembaga negara, pemerintah daerah, BUMN/BUMD, dan perguruan tinggi negeri untuk mengelola arsipnya dari sejak penciptaan, penggunaan dan pemeliharaan, hingga penyusutan guna menjamin ketersediaan arsip dalam penyelenggaraan kegiatan sebagai bahan akuntabilitas kinerja dan alat bukti yang sah.

“Arsip adalah ruh dari sebuah instansi, apabila ruh itu hilang maka kita tidak akan lagi melihat instansi tersebut”, petikan tersebut disampaikan oleh Kepala LAPAN Prof Thomas Djamaluddin saat memberikan pengarahan saat membuka rapat koordinasi kearsipan di Aston Imperial Hotel, Conference Center, Bekasi, Jawa Barat, Selasa (05/09). Rakor kearsipan ini diselenggarakan oleh Biro KSHU melalui bagian layanan arsip dengan tema “ Komitmen Pimpinan LAPAN Dalam Mendukung Sadar Tertib Arsip Untuk Mewujudkan Pusat Unggulan Itek Penerbangan dan Antariksa”. Acara ini dihadiri oleh 100 peserta yang terdiri dari para kepala biro, pusat, balai , pejabat struktural dan pengelola kearsipan di lingkungan LAPAN.

Dalam laporannya, Kepala Biro Kerja Sama, Hubungan Masyarakat dan Umum, Ir Christianus R Dewanto menjelaskan bahwa rakor kearsipan ini bertujuan untuk meningkatkan komitmen pimpinan terhadap penyelenggaraan dan pengelolaan kearsipan, sosialisasi kebijakan pengelolaan kearsipan dan peningkatan kemampuan dalam penggunaan e- takah di LAPAN.

Saat memberikan arahannya Kepala LAPAN Prof Thomas Djamaluddin menyampaikan bahwa “Pengelolaan kearsipan di LAPAN adalah bagian penting dalam rangka upaya mencari dan menyimpan bukti otentik dokumen kegiatan sehingga asset LAPAN dapat terjaga dengan baik”. Lebih lanjut, Prof Thomas berharap dengan adanya rakor kearsipan ini LAPAN dapat menyatukan komitmen untuk terus berupaya menjaga gerakan sadar tertib arsip dan ini perlu didukung oleh seluruh pejabat struktural, arsiparis dan pengelolaan kearsipan di lingkungan LAPAN.

Sementara itu, Sekretaris utama LAPAN, Prof Erna dalam presentasinya mendorong pengelola kearsipan untuk terus berinovasi berbasis teknologi informasi dan digital dalam penyelenggaraan kearsipan di LAPAN hal ini untuk menjawab tantangan dalam revolusi industri 4.0. Lebih lanjut Prof Erna juga memaparkan mengenai kebijakan kearsipan, SDM, pegelolaan arsip dinamis, sarana dan prasarana serta pengawasan kearsipan internal di LAPAN. 

Rapat koordinasi ini dilanjutkan dengan pembekalan materi dan diskusi tanya jawab, pada sesi pertama materi diberikan oleh Sekretaris Utama ANRI, Sumrahyadi dan dilanjutkan dengan Roro Vera Yuwantari selaku Asisten Deputi Bidang Kelembagaan dan Tata Laksana MenpanRB serta pemateri terakhir pada sesi ini oleh Rudi Anton selaku Kepala Pusat Akreditasi Kearsipan ANRI.

Kemudian sebelum dilanjutkan pada sesi berikutnya diadakan penandatanganan komitmen sadar tertib arsip di lingkungan oleh pimpinan eselon I, II dan kepala Balai. Setelah itu, diadakan sosialisasi dan bimtek tata naskah dinas elektronik untuk pejabat struktural oleh Karo KSHU dan penjelasan mengenai mekanisme pengurusan Perjalanan Dinas Luar Negeri oleh Kemensetneg RI serta sosialisasi pedoman pengurusan perjalanan dinas luar negeri oleh Kabag ARSIP.

Rapat koordinasi kearsipan ini diselenggarakan selama 2 hari dan pada hari kedua peserta diberikan materi pengelolaan arsip terjaga dan identifikasi dan pendataan arsip terjaga LAPAN.


Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2018 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL