Kompetensi Utama

Layanan


Api di Kawasan Gunung Bromo Padam
Penulis : Daviq Umar Al Faruq • Media : medcom.id • 05 Sep 2018 • Dibaca : 3549 x ,

Malang: Kebakaran di kawasan Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS), Jawa Timur berhasil dipadamkan. Kebakaran yang terjadi sejak Sabtu, 1 September 2018 lalu itu menghabiskan padang savana sekitar 70 hektare.

Kepala Balai Besar TNBTS, John Kennedie mengatakan kebakaran hutan yang terjadi di kawasan savana TNBTS ini sebenarnya telah berhasil dipadamkan sejak Senin 3 September 2018 malam lalu.

"Ini berkat kerja keras dari seluruh personil TNBTS dan bantuan dari para mitra TNI, Polri, BPBD, Tagana, Masyarakat dan unsur lainnya," katanya saat dikonfirmasi, Rabu 5 September 2018.

John menambahkan berdasarkan pantauan Hotspot Information Land Forest Alert Satelit LAPAN pada Selasa, 4 September 2018 lalu pukul 09.13 WIB, kawasan savana TNBTS sudah tidak terdeksi titik panas.

"Total padam dari Senin malam. Tapi teman-teman sebanyak 30 orang masih menyisir disana karena takut angin kencang bisa terjadi lagi kebakaran. Tapi setelah disisir Alhamdulillah total padam," bebernya.

Kebakaran ini diduga berasal dari perapian yang dinyalakan oleh warga sekitar saat malam hari. Sehingga John mengaku api tersebut bukan berasal dari wisatawan karena para pengunjung biasanya datang ke kawasan TNBTS pada pagi hari.

Apalagi, titik api awalnya diketahui di daerah Plentongan yang bukan merupakan kawasan pengunjung. Kemungkinan api berasal dari api unggun yang dibuat warga yang sedang mencari kayu, tanaman obat-obatan dan burung.

"Kami akan buat himbauan-himbauan lagi kepada warga agar tidak membuat perapian. Sekarang ini main hakim sendiri atau tangkap-tangkap sudah nggak jaman lagi. Kalau kita ngusir-ngusir mereka kan nggak mungkin juga," ungkapnya.

Sebelumnya diberitakan, kebakaran hutan terjadi di kawasan Balai Besar TNBTS sejak Sabtu, 1 September 2018 sekitar pukul 09.45 WIB. Kebakaran hutan tersebut tepatnya terjadi di Blok Plentongan atau Resort Tengger Laut Pasir Seksi PTN I yang berbatasan dengan Resort Coban Trisula Seksi PTN II.

Lokasi kebakaran hutan berada pada elevasi 45 hingga 60 derajat. Sebesar 85 persen kebakaran terjadi di savana, seresah alang-alang, verbena dan adasan dengan ketebalan 85 hingga 150 centimeter. Serta terdapat seresah cemara yang sudah kering.

Pemadaman dilakukan dengan menurunkan personel pemadam gabungan sejumlah 320 orang dengan bantuan alat pemadam berupa gepyok, jet shooter, garu serta diesel penyemprot air. Diperkirakan kawasan yang terbakar seluas 70 hektare.













Sumber : https://nusantara.medcom.id/jawa-timur/peristiwa-jatim/GbmjE0ok-api-di-kawasan-gunung-bromo-padam








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL