Kompetensi Utama

Layanan


Buka lahan, warga Paser Kaltim alami luka bakar
Penulis : Saud Rosadi • Media : merdeka.com • 17 Sep 2018 • Dibaca : 3409 x ,

Merdeka.com - Sebagian besar wilayah Kalimantan Timur hingga kini masih dilanda kemarau. Lebih dari 100 titik panas, terpantau citra satelit. Di antaranya, kebakaran lahan di Samarinda, dan Kabupaten Paser. Satu orang warga Paser, terluka usai membuka lahan dengan cara membakar.

Dilansir BNPB hari ini, hasil dari pemantauan 24 jam terakhir, dari satelit Aqua, Terra, dan SNNP pads katalog modis LAPAN per pukul 08.00 WITA pagi tadi, terpantau 119 titik panas (hotspot) di Kalimantan Timur.

Seratusan titik panas itu, terdiri dari 91 hotspot sedang, dan 28 hotspot berkategori tinggi, yang sangat memungkinkan sebagai titik kebakaran lahan, di sejumlah wilayah di Kalimantan Timur.

Di Kabupaten Paser misalnya. Seorang warga, Ahmad Jainuri (50), mengalami luka, di sela aktivitas dia membuka lahan, tengah hari tadi, dengan cara membakar, di kawasan desa Rantau Panjang, kecamatan Tanah Grogot.

"Tanpa disadari, semak yang dibakar, merambat ke semak lainnya, dan membuat api membesar," kata Kepala BPBD Provinsi Kalimantan Timur, Frederik Bid, Minggu (16/9) malam.

Jainuri, sempat panik saat api berkobar. Dia berusaha memadamkan kobaran api yang membakar lahan dengan semak belukar, dengan cara manual, meski tidak maksimal. "Korban (Ahmad Jainuri) terbakar di bagian lengan, pada saat memadamkan api secara manual," ujar Frederik.

Tim BPBD kabupaten paser, pasukan Damkar, dan masyarakat di lokasi, bergegas memadamkan kobaran api, agar tidak terus meluas. "Luasan yang terbakar sekitar 1 hektare," jelas Frederik.

Selain di kabupaten Paser, kebakaran hutan dan lahan juga terjadi di kabupaten Penajam Paser Utara, Muara Muntai di Kutai Kartanegara, kota Balikpapan, hingga kota Samarinda, dalam dua hari terakhir ini. 




Sumber: https://www.merdeka.com/peristiwa/buka-lahan-warga-paser-kaltim-alami-luka-bakar.html








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL