Kompetensi Utama

Layanan


LAPAN DAN ITB Selenggarakan Konferensi Sains dan Atmosfer Tingkat Interasional
18 Sep 2018 • Dibaca : 1693 x ,

Pentingnya riset dan pemanfaatan sains dan teknologi dalam bidang meterologi tropis dan sains atmosfer sangat menarik untuk dilakukan kajian baik oleh peneliti, mahasiswa hingga masyarakat umum. Untuk itulah LAPAN melalui Pusat Sains dan Teknologi Atmosfer (PSTA) akan menyelenggarakan “International Conference on Tropical Meteorology and Atmospheric Science (ICTMAS)” pada 19 – 20 September 2018 di di Aula Barat dan Aula Timur ITB. Konferensi tingkat Internasional yang baru pertama kali LAPAN diselenggarakan ini berkolaborasi dengan Program Studi Meteorologi, Institut Teknologi Bandung (ITB).

Kegiatan yang bertujuan untuk menguatkan kolaborasi internasional dalam bidang riset dan edukasi, khususnya dalam bidang meteorologi tropis dan sains atmosfer akan dibuka oleh oleh Kepala LAPAN, Prof Thomas Djamaluddin dan Rektor ITB Prof. Kadarsah Suyadi.

ICTMAS 2018 ini akan menghadirkan keynote speaker Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Prof. Mohamad Nasir, Kepala BMKG, Prof. Dwikorita Karnawati, dan Direktur JAMSTEC-Jepang, Dr. Kunio Yoneyama. Tidak hanya itu, dalam konferensi ini juga akan dihadiri 30 speaker Amerika Serikat, Australia, Jepang, Inggris, Malaysia, dan Indonesia yang akan berbagi ilmu pengetahuan dalam bidang keilmuan terkait.

Konferensi internasional ini sangat penting karena para peneliti sains atmosfer di seluruh dunia sepakat bahwa Benua Maritim Indonesia (BMI) merupakan wilayah kunci di dalam sistem iklim, karena memainkan peran utama dalam menggerakan variabilitas atmosfer global dari skala harian hingga dekadal. Namun demikian, kemampuan prediksi cuaca dan iklim di wilayah ini masih kurang dibandingkan dengan di wilayah sub-tropis karena dinamika atmosfer di wilayah ini sangat kompleks

Konferensi ini merupakan rangkaian kegiatan kerjasama riset internasional the Years of Maritime Continent (YMC) 2017-2019 yang bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan kemampuan prediksi atmosfer sehingga diharapkan akan mendukung pembangunan nasional di berbagai sektor seperti pertanian, perikanan, perhubungan, energi, lingkungan hidup, kesehatan dan penanggulangan bencana.

Peserta konferensi yang telah mengirimkan abstrak berjumlah 160 peserta yang berasal dari negara Jepang, Malaysia, Filipina, India, Singapura, Peru, Tiongkok dan Indonesia. Makalah yang dipresentasikan sebanyak 76 peserta oral dan 84 dalam bentuk poster. Diharapkan para peserta khususnya generasi muda yang mengkuti kegiatan ini dapat lebih terpacu untuk terus melakukan riset dan teknologi yang bermanfaat luas bagi masyarakat.



Jakarta, 17 September 2018
Narahubung:
Kepala Bagian Hubungan Masyarakat LAPAN, Ir. Jasyanto, MM (Hp. 08111735071)










Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL