Kompetensi Utama

Layanan


LAPAN Paparkan Pengembangan Teknologi Satelit dalam Forum ICARES 2018
Penulis Berita : Humas/And • Fotografer : Humas/And • 20 Sep 2018 • Dibaca : 6734 x ,

Suasana pembukaan ICARES 2018 di Hotel Discovery Kartika Plaza, Bali

Kamis (20/09), LAPAN bekerja sama dengan forum IEEE (Institute of Electrical and Electronics Engineers) menyelenggarakan seminar internasional yang membahas tentang teknologi elektronika dirgantara dan penginderaan jauh, biasa disebut ICARES. Kegiatan ICARES 2018 ini berlangsung di Hotel Discovery Kartika Plaza, Bali. Sejak pertama dibentuk, tahun ini merupakan periode ke-3 penyelenggaraan di Indonesia.

Kali ini, topik yang dibahas adalah upaya meningkatkan kualitas kontrol, komunikasi, dan penginderaan bumi berbasis ruang angkasa. Sebagai pembuka, beberapa topik menarik disampaikan oleh para pembicara utama. Dr Rika Andianti (Deputi Bidang Teknologi Penerbangan dan Antariksa LAPAN) menyampaikan aktivitas kedirgantaraan di Indonesia: kini dan di masa yang akan datang. Prof. Akira Hirose (Tokyo University) memaparkan pemrosesan data Big SAR berbasis jaringan neural. Prof. Hiroyoshi Hamada (All Japan GRSS, Nigata University) mempresentasikan polarimetri SAR untuk klasifikasi tutupan lahan. Sedangkan Dr. Shiv MOHAN (Gujarat GRSS, ISRO) menjelaskan Aplikasi SAR multi-frekuensi.

Dalam sambutannya, Kepala LAPAN, Prof. Dr. Thomas Djamaluddin menyampaikan tujuan pelaksanaan kegiatan tersebut yaitu untuk mempererat kerja sama untuk aplikasi penginderaan jauh, pesawat tanpa awak, dan peluncuran wahana satelit. Menurutnya, teknologi satelit sudah menjadi kebutuhan sehari-hari setiap individu, tak hanya dimiliki korporasi saja.

“Kini, pemanfaatan satelit sungguh luar biasa!” ucapnya. Teknologi satelit tidak hanya untuk kebutuhan komunikasi, namun juga untuk pemetaan bumi, dan pemenuhan kebutuhan teknologi informasi. Setiap orang kini memiliki telpon seluler untuk berkomunikasi, menikmati siaran televisi, radio, dan kebutuhan lainnya terkait internet.

Pemanfaatan teknologi satelit bisa digunakan untuk mendukung pembangunan dalam hal pemantauan penginderaan jauh seperti sumber daya alam, kebencanaan, dan tata kota, Rencana Detail Tata Ruang (RDTR), dsb. Sistem navigasi berbasis satelit dapat dimanfaatkan untuk pemantauan kapal di laut.

Terkait teknologi satelit, Deputi Bidang Teknologi Penerbangan dan Antariksa, Dr. Rika Andiarti menjelaskan proses pengembangan teknologi satelit di LAPAN. Sejak tahun 2000, LAPAN memulai mengembangkan satelit eksperimental berskala mikro. Kini, LAPAN telah memiliki tiga generasi satelit yang posisinya sudah di orbit.

“Saat ini LAPAN sedang mengembangkan LAPAN-A4 yang sudah memasuki tahap penyempurnaan pembangunan. Diharapkan tahun depan satelit ini sudah dilakukan integrase dan siap diluncurkan pada tahun 2020,” jelasnya. Satelit tersebut merupakan satelit multispectral. Artinya memiliki multi fungsi berdasarkan misi muatannya. Fungsinya yaitu untuk observasi bumi, pemantauan kapal laut, dan mengukur medan magnet.

Menurut Ketua Panitia, Wahyudi Hasbi, ICARES menjadi media yang sangat potensial untuk mendiseminasikan informasi produk riset LAPAN. Beberapa aplikasi teknologi terbaru yang menjadi pokok bahasan antara lain teknologi sensor dan wahana berbasis antariksa meliputi teknologi satelit mikro dan UAV, komunikasi perangkat seluler di darat dan laut, desain kontrol stokastik wahana antariksa, serta pengembangan penginderaan jauh gelombang mikro, teknologi SAR, dan Big SAR.

Konferensi ini dihadiri oleh forum masyarakat ilmiah sedunia yang terdiri dari para peneliti, perekayasa, akademisi, dan praktisi di bidang aplikasi keantariksaan. Tema yang diusung diharapkan memberikan kontribusi nyata dalam mendukung pertukaran pandangan dan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Turut hadir dalam pembukaan acara yaitu Kepala IEEE AESS/GRSS joint Chapter Indonesia, Dr. Arifin Nugroho, Dewan Penasihat IEEE Indonesia, Satriyo Darmantyo.



Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL