Kompetensi Utama

Layanan


Bahas Misi Satelit Penginderaan Jauh, LAPAN Gelar Konferensi Internasional
Penulis : Hikmat Raharjo Oetomo • Media : rri.co.id • 20 Sep 2018 • Dibaca : 6850 x ,

KBRN, Kuta : Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) bekerjasama dengan IEEE Indonesia Section's of IEEE Geoscience & Remote Sensing Society & IEEE Aerospace & Electronics System AESS-GRSS (GRS29/AES10) menggelar konferensi berskala internasiol di Bali.

Konferensi bertajuk International Conference on Aerospace Electronics and Remote Sensing Technology (ICARES) tersebut dihadiri Kepala LAPAN, Kepala IEEE AESS/GRSS Joint Chater Indonesia, dan Kepala IEEE Indonesia.

Kepala LAPAN, Thomas Djamaluddin menerangkan, konferensi kali ini merupakan upaya meningkatkan kualitas kontrol, komunikasi, dan penginderaan bumi berbasis ruang angkasa.

"ICARES 2018 menjadi wadah mendiseminasikan informasi yang terbaru yaitu teknologi sensor dan wahana berbasis antariksa yang meliputi teknologi satelit mikro dan UAV, komunikasi perangkat seluler di darat dan laut, disain kontrol stikastik wahana antariksa, serta pengembangan penginderaan jauh gelombang mikro, teknologi SAR, dan Big SAR," jelasnya ketika ditemui wartawan di Kuta Bali, Kamis (20/9/2018).

Djamaluddin menambahkan, beberapa topik menarik disampaikan pembicara utama dalam ICARES 2018. Seperti contoh Deputi Bidang Teknologi Penerbangan dan Antariksa LAPAN, Dr Rika Andianti yang menyampaikan aktivitas kedirgantaraan di Indonesia dimasa kini dan akan datang.

"Ada juga pembicara dari Universitas Tokyo yaitu Profesor Akira Hirose. Beliau memaparkan tentang pemrosesan data Big SAR berbasis jaringan neural. Terus Profesor Hiroyoshi Hamada dari All Japan GRSS, Nigata University yang mempresentasikan polarimetri SAR untuk klasifikasi tutupan lahan. Dan yang terakhir ada Dr Shiv MOHAN, beliau dari Gujarat GRSS, ISRO, yang pada kesempatan ini menyampaikan soal aplikasi SAR multi-frekuensi," ungkapnya.

Kepala LAPAN menuturkan, ICARES 2018 merupakan kegiatan yang diselenggarakan forum masyarakat ilmiah, IEEE, dan LAPAN. Konferensi ini disebut kegiatan ilmiah tahunan yang menjadi wadah pertukaran informasi para peneliti, perekayasa, akademisi, dan praktisi dibidang aplikasi keantariksaan.

"Tema yang diusung diharapkan memberikan kontribusi nyata dalam mendukung pertukaran pandangan dan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, khususnya dibidang elektronika dirgantara dan penginderaan jauh," ucapnya.

Thomas Djamaluddin lebih lanjut menjelaskan, banyak hasil penelitian dihimpun dalam ICARES 2018. Namun untuk yang dipresentasikan merupakan penelitian yang lolos tahapan seleksi.

"Terpilih 29 makalah yang diterima dan akan dipresentasikan dalam konferensi ini," tutup Kepala LAPAN, Thomas Djamaluddin.














Sumber : http://rri.co.id/post/berita/573786/teknologi/bahas_misi_satelit_penginderaan_jauh_lapan_gelar_konferensi_internasional.html








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL