Kompetensi Utama

Layanan


LAPAN Aktifkan Satelit untuk Radio Amatir di Donggala
Penulis : Redaksi • Media : uzone.id • 29 Sep 2018 • Dibaca : 3869 x ,

Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional akan mengaktifkan satelit 8A2 sehingga komunikasi melalui radio amatir dapat dilakukan di Donggala, Sulawesi Tengah, yang kehilangan kontak setelah diguncang gempa berkekuatan 7,4 skala Richter.

"LAPAN sedang menyiapkan untuk mengaktifkan satelit 8A2 agar dapat koordinasi dengan daerah yang komunikasi konvensional dengan selulernya terganggu, sehingga radio amatir bisa membantu, terutama untuk evakuasi," ujar Kepala Lapan, Thomas Djamaluddin, dalam wawancara dengan CNN Indonesia TV, Sabtu (29/9).

Thomas mengatakan bahwa jika satelit itu sudah aktif, jaringan radio amatir dapat memungkinkan komunikasi dengan jangkauan cukup luas, seperti dari Palu dan Donggala ke Jakarta.

"Namun, tidak semua masyarakat bisa menggunakan ini kecuali dengan perangkat radio amatir, ini biasanya digunakan di posko. Nanti bisa dibantu juga oleh komunitas radio amatir," ucap Thomas.

Selain itu, LAPAN juga sedang mengumpulkan citra satelit untuk mengetahui kondisi di daerah terdampak, sebaran pemukiman, dan informasi lainnya.

"Kami akan berkoordinasi dengan badan antariksa internasional untuk mengumpulkan citra satelit agar bisa mendapatkan gambaran kondisi terbaru di daerah terdampak gempa," tutur Thomas.

Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Dwikorita Karnawati mengatakan bahwa gempa di Donggala ini merupakan gempa dangkal akibat aktivasi sesar geser Palukoro.

Gempa berlangsung mulai pada pukul 14.00 WIB, 5.9 SR, Lokas 0.35 LS, 119.82 BT (8 KM Barat Laut Donggala- Sulteng) kedalaman 10 KM.







Sumber : https://uzone.id/lapan-aktifkan-satelit-untuk-radio-amatir-di-donggala








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL