Kompetensi Utama

Layanan


LAPAN Perkenalkan Sistem Komunikasi via Satelit Amatir
Penulis : Gervin Nathaniel Purba • Media : metrotvnews.com • 01 Oct 2018 • Dibaca : 4302 x ,

Tangerang Selatan: Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) turut memeriahkan penyelenggaraan Puspiptek Innovation Festial (PIF) 2018 yang dilaksanakan pada 27-30 September. Kegiatan ini dimanfaatkan LAPAN untuk memperkenalkan komunikasi satelit amatir.

Peragaan penggunaan komunikasi satelit amatir tersebut dilakukan pada seminar dengan topik pembahasan Bimtek Komunikasi Melalui Satelit Amatir LAPAN – A2/ LAPAN – ORARI (IO-86) dengan Radio Genggam.

Kepala Bagian Hubungan Masyarakat LAPAN Jasyanto mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk mengenalkan suatu sistem komunikasi nirkabel yang dapat digunakan dengan praktis dan harga yang ekonomis, sehingga dapat menjadi sarana komunikasi alternatif.

Jasyanto menjelaskan, komunikasi melalui satelit amatir lebih populer dibandingkan alat komunikasi suara yang umumnya kita gunakan saat ini (telepon genggam, handy talky/HT, dan telepon rumah). Komunikasi melalui satelit amatir bisa digunakan dalam situasi apa pun, khususnya saat bencana alam.

"Ketika terjadi bencana seperti gempa, semua BTS akan terganggu dan rusak. Bahkan sumber energi dari PLN juga tidak beroperasi. Disinilah akan breakdown seluruh sistem komunikasi di 900 MHz dan 1.800 MHz di telepon genggam yang biasa kita gunakan, akan terputus sistem komunikasinya. Jika bencana seperti ini, pasti kabel pun terputus," ujar Jasyanto, dalam keterangan tertulis, Senin, 1 Oktober 2018.

Solusi untuk dapat tetap berkomunikasi saat bencana ialah melalui HT dengan repeater dari Satelit Lapan-A2/Lapan- ORARI. Dengan Uplink di 145.880 dan downlink di 435.880 yang memiliki cakupan luas, maka dapat berkomunikasi dengan pihak luar dalam jarak yang jauh, bahkan bisa sampai 1.200 km dari tempat sumber komunikasi.

"Karena komunikasi ini melalui satelit sebagai pengulang yang tidak terhalang dan tinggi di atas dengan ketinggian 650 km Dpl, maka akan sangat jauh cakupannya," katanya.

Pada kesempatan ini, LAPAN juga memperkenalkan teknologi pembuatan suatu satelit yang sangat berguna untuk keperluan umum dan diharapkan dapat menarik kecintaan masyarakat untuk lebih mempelajari ilmu pengetahuan dan teknologi.

"Diharapkan generasi penerus akan cinta memperdalam ilmu komunkasi dan menjadikan Indonesia negara yang memiliki ahli di bidang telekomunikasi yang handal," ucapnya.

Dalam rangkaian PIF 2018, PUI PUSTEKSAT mengadakan BIMTEK KOMSAT IO 86 LAPAN A2/LAPAN ORARI kepada para pelajar. BIMTEK KOMSAT merupakan bimbingan teknis mengenai teknologi satelit dari para engineer Satelit LAPAN dan penggiat komunikasi amatir melalui satelit yang disajikan dengan cara yang menarik.



(ROS)








Sumber : http://news.metrotvnews.com/peristiwa/4KZ4DxYb-lapan-perkenalkan-sistem-komunikasi-via-satelit-amatir








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL