Kompetensi Utama

Layanan


LAPAN : Empat Wilayah di Sulteng Alami Kerusakan Parah
Penulis : Ari Supriyanti Rikin • Media : beritasatu.com • 02 Oct 2018 • Dibaca : 4462 x ,

Jakarta - Empat dari sembilan kabupaten/kota terdampak gempa bumi Palu Donggala, Sulawesi Tengah (Sulteng) mengalami kerusakan parah. Empat wilayah itu adalah Palu, Donggala, Parigi Moutong dan Sigi.

Untuk melihat kerusakan tersebut, BNPB mengandalkan citra satelit resolusi tinggi dari Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan). Selain itu, pengecekan di lapangan juga mulai dilakukan meski medannya masih sulit diakses.

Menteri Dalam Negeri pun telah mengirim surat kawat kepada pemerintah daerah terkait untuk menetapkan status tanggap darurat. Saat ini masa tanggap darurat gempa tsunami Sulteng masih aktif sejak 28 September-11 Oktober 2018.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho, mengatakan, hingga saat ini proses evakuasi, penanganan dan penyelamatan korban terus dilakukan. Data korban pun terus bergerak.

"Kita belum tahu pasti jumlah penduduk yang terdampak, Karena akses ke lokasi masih banyak yang belum bisa ditembus," katanya di Graha BNPB, Selasa (2/10).

Belum pulihnya jaringan komunikasi dan listrik juga menyulitkan kondisi penanganan darurat di lapangan. Namun berdasarkan laporan saat ini, jaringan komunikasi yang pulih baru 49% di Sulteng.

Percepatan pemulihan jaringan listrik pun dilakukan. Sebanyak dua dari tujuh gardu induk sudah beroperasi. Selain itu percepatan pasokan BBM juga dilakukan dari terminal Pare-Pare. Tujuh dapur umum sudah didirikan untuk melayani permakanan pengungsi.

Sementara itu untuk evakuasi masih menemui kendala, karena listrik belum nyala sepenuhnya, jaringan komunikasi terbatas dan alat berat pun terbatas serta jalan rusak.

"Jumlah korban yang tertimbun di Patobo dan Balaroa belum dapat kita perkirakan. Di lokasi tersebut dilanda tanah amblas dan pengangkatan tanah serta likuifaksi (tanah bergerak)," ucapnya.

Hingga kini, belum semua kebutuhan dasar pengungsi terlayani dengan baik karena logistik terbatas, BBM terbatas dan diperlukan banyak tenda, makanan siap saji, air bersih, pelayanan kesehatan, sanitasi, serta trauma healing.

"Memang perlu waktu dalam penanganan tersebut, saat ini bantuan terus datang dan penanganan semakin baik. Distribusi terkendala akses dan jalur yang rusak, seperti jalan. Bandara pun tidak bisa dilalui pesawat besar," ungkapnya.



Sumber: Suara Pembaruan

















Sumber : http://www.beritasatu.com/nasional/514030-lapan-empat-wilayah-di-sulteng-alami-kerusakan-parah.html








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL