Kompetensi Utama

Layanan


Citra Satelit LAPAN Ungkap Luas Dampak Bencana Sulteng
Penulis : Martina Rosa Dwi Lestari • Media : netralnews.com • 04 Oct 2018 • Dibaca : 3962 x ,

JAKARTA, NNC - Citra satelit Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) ungkap luas dampak bencana Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah (Sulteng). Seperti diketahui, wilayah tersebut telah terdampak gempa, tsunami dan fenomena likuifaksi.

Citra Satelit Sentinel-2 menunjukkan wilayah terdampak Jono Oge, Kabupaten Sigi. Luas area yang terdampak 202 Ha, bangunan rusak 366 unit dan bangunan kemungkinan rusak 168 unit.

Menurut Citra Satelit Sentinel-2, Wilayah Petobo Kota Palu, luas area terdampak adalah 80 Ha. Bangunan rusak ada sebanyak 2050 unit dan bangunan mungkin rusak 168 unit. Dilakukan pengerahan alat berat tujuh unit.

"Evakuasi dilakukan dengan kerahkan alat berat dan medan sulit dijangkau. Bangunan di Petobo terseret lumpur likuifaksi dan ditenggelamkan," kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho dalam acara Forum Merdeka Barat (FMB) di Kantor BNPB, Kamis (4/10/2018).

Kata Sutopo, wujud bangunan perumahan di Petobo sudah tidak kelihatan. Tim SAR gabungan juga terus melakukan pencarian korban hingga tujuh hari ke depan, kemudian ditambah tiga hari dan akan dibahas lagi saat rapat koordinasi.

Menurut Citra Satelit Pleiades, wilayah Balaora Kota Palu, luas area terdampak 47,8 Ha. Bangunan rusak 1045 unit dan pengerahan alat berat lima unit.

Dijelaskan Sutopo, di wilayah ini terjadi patahan parah yang sebabkan sebagian tanah ambles sedalam tiga meter, sedangkan sebagian tanah lain alami kenaikan tanah dua meter.

"Terus dilakukan pendataan kemungkinan adanya korban di tiga titik. Diperkirakan masih ada beberapa ratus orang tertimbun lumpur," tukas Sutopo.







Sumber : http://www.netralnews.com/news/nusantara/read/160403/citra-satelit-lapan-ungkap-luas-dampak-bencana-sulteng








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL