Kompetensi Utama

Layanan


Tingkatkan Pemanfaatan Sains dan Teknologi Antariksa, Pemprov Jambi Jalin Kerjasama Dengan Pihak LAPAN
Penulis : M.Haitami • Media : jurnaljambi.co • 23 Oct 2018 • Dibaca : 2393 x ,

JURNALJAMBI.CO- Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Jambi, DR.Drs.H.Fachrori Umar.M.Hum mengemukakan, guna mendukung pembangunan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jambi berupaya memperluas pemanfaatan sains dan teknologi penerbangan dan antariksa.


Guna mewujudkan hal itu, Pemerintah Provinsi Jambi menjalin kerjasama dengan Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), kerjasma diawali dengan Penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) yang dilakukan di Ruang Rapat Antariksa Kantor Lapan Pusat, Jalan Persil No. 1 Rawamangun, Jakarta Timur, Senin (22/10/2018).

Penandatangani kesepakatan dilakukan langsung oleh Plt. Gubernur Jambi DR.Drs.H.Fachrori Umar, M.Hum dan Kepala LAPAN Prof. Dr. Thomas Djamaluddin.

Dalam sambutannya, Fachrori menyampaikan, tujuan utama MoU dilaksanakan agar potensi daerah dapat dimanfaatkan secara optimal dan kinerja Pemerintah Provinsi Jambi dalam pengelolaan dan pelayanan terus ditingkatkan.

Untuk itu, Fachrori berharap kepada semua OPD terkait untuk dapat memegang dan melaksanakan komitmen serta proaktif menindaklanjuti nota kesepahaman ini dengan berkerjasama yang lebih teknis sesuai ruang lingkup kerjasama, tugas dan kewenagan masing-masing.

Dalam era pembangunan modern seperti saat ini, papar Fachrori, dukungan ketersediaan data informasi yang valid dan terkini sangatlah dibutuhkan, baik dalam proses perencanaan, pengendalian, hingga proses monitoring dan evaluasi pembangunan.

“Para pengambil kebijakan harus mampu menganalisa, merumuskan dan menyusun kebijakan pembangunan secara holistik-tematik, integratif dan spasial dalam rangka mewujudkan penyelenggaraan pembangunan yang berkualitas,” ungkap Fachrori.

Pemrov Jambi, jelas Fachrori, memandang sangat perlu memperkuat jejaring kerja sama dengan LAPAN, agar sumber daya dan teknologi yang ada di LAPAN dapat dimanfaatkan secara optimal oleh Pemrov Jambi untuk mendukung pelaksanaan tugas dalam pembangunan yang lebih efektif dan efisien serta akuntabel.

“Melalui kerja sama yang kita laksanakan agar dapat memperluas bentuk-bentuk pemanfaatan sains dan teknologi yang dimiliki oleh LAPAN untuk diterapkan di Provinsi Jambi,” lanjut Fachrori.

Sementara itu, lanjut Fachrori, dalam jangka panjang kerja sama ini dapat memberikan dapak positif terhadap kualitas dan akuntabilitas perencanaan dan pembangunan di Provinsi Jambi, terutama dalam konteks penataan ruang dan pengembangan wilayah.

Sebelumnya, Kepala LAPAN, Prof.Dr.Thomas Djamaluddin menyampaikan, LAPAN mempunyai 3 misi utama, yaitu, meningkatkan kualitas litbang penerbangan dan antariksa internasional, meningkatkan kualitas produk teknologi dan informasi di bidang penerbangan dan antariksa dalam memecahkan masalah nasional, melaksanakan dan mengatur penyelenggaraan keantariksaan untuk kepentingan nasional.

“LAPAN melaksanakan tugas pemerintahan di bidang penelitian dan pengembangan kedirgantaraan dan pemanfaatannya serta penyelenggaraan keantariksaan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan,” ujar Thomas Djamaluddin.

“Kerjasama tersebut terkait pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat, serta pengembangan dan pemanfaatan sains dan teknologi penerbangan dan antariksa, terkait berbagai penelitian utama yang dilaksanakan oleh LAPAN di daerah, khususnya di Provinsi Jambi, serta peningkatan kapasitas sumber daya manusia,” sambungnya.


















Sumber : https://www.jurnaljambi.co/2018/10/22/tingkatkan-pemanfaatan-sains-dan-teknologi-antariksa-pemprov-jambi-jalin-kerjasama-dengan-pihak-lapan/








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL