Kompetensi Utama

Layanan


PP IPTEK dan LAPAN Bekali Peserta Kompetisi Roket Air Tingkat Internasional di Singapura
Penulis Berita : Humas/And • Fotografer : Humas/And • 31 Oct 2018 • Dibaca : 820 x ,

Salah seorang siswa sedang praktik meluncurkan roket air buatannya dalam pelatihan dan pembekalan peserta WRE APRSAF ke-25 yang akan diselenggarakan di Singapura.

Rabu (31/10), berlangsung pelatihan dan pembekalan bagi peserta Water Rocket Event Asia-Pacific Regional Space Agency Forum (WRE APRSAF) ke-25 di Singapura. Kegiatan yang dilaksanakan di Kantor Pusat Teknologi Roket (Pustekroket) LAPAN, Rumpin, Bogor ini diselenggarakan oleh Pusat Peragaan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (PP IPTEK) bekerja sama dengan LAPAN.

Peserta yang merupakan siswa-siswi SMP ini memperoleh pembekalan materi tentang pembuatan roket air sampai dengan praktik peluncurannya. Didampingi gurunya, mereka juga belajar membuat bahan paparan serta berlatih mempresentasikan.

Pelatihan dan pembekalan itu sendiri berlangsung pada tanggal 30 Oktober – 1 November. Peserta mendapat penjelasan tentang bagaimana kinerja terbang roket agar lebih memahami secara global.

Kegiatan pelatihan pembuatan roket diterima langsung oleh Kepala Bagian Administrasi, Saeri, mewakili Kepala Pustekroket. Sebelum praktik pembuatan roket, peserta memperoleh pengarahan Mahfud A.Y., perwakilan PP IPTEK. Ia menjelaskan secara sederhana tentang roket sebagai sebuah ruang tertutup berisi udara bertekanan. “Bahwa di dalam roket ini, terdapat celah atau lubang kecil tempat keluarnya udara yang dapat menimbulkan gaya dorong (trust),” jelasnya.

Selanjutnya, seluruh peserta mendapat kesempatan untuk membuat bagian-bagian roket mulai dari tabung, sayap, sampai ke nozle. “Kami berharap, ilmu yang diperoleh pada pelatihan kali ini bisa diterima oleh adik-adik peserta dan diterapkan dalam WRE APRSAF nanti, sehingga membanggakan Indonesia di mata dunia,” harap Riki Ramdani Saputra, selaku pendamping pelatihan dari LAPAN.

Para peserta tersebut adalah 6 pemenang dari Kompetisi Roket Air Nasional (KRAN) yang diselenggarakan pada tanggal 28 september – 1 oktober. Kegiatan tersebut merupakan kegiatan reguler tahunan yang melibatkan science center dari berbagai provinsi di Indonesia. Menuju tahapan selanjutnya, ke-6 peserta ini akan dikirim dalam rangkaian WRE APRSAF ke-25 yang digelar di Singapura pada 2-4 November mendatang.


Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL