Kompetensi Utama

Layanan


LAPAN Sosialisasi Litbangyasa di Yogyakarta
Penulis Berita : Humas/Yud • Fotografer : Chandra/Visi • 12 Nov 2018 • Dibaca : 4021 x ,

Foto bersama Kepala Biro KSHU Christianus R. Dewanto, M.Eng, anggota Komisi VII DPR RI H.M. Gandung Pardiman, I.L. Arisdiyo, Moderator Agus Mulyanto, dan para mahasiswa.

Bantul (10/11) LAPAN melaksanakan kegiatan Sosialisasi Hasil Litbangyasa LAPAN di Pendopo Gandung Pardiman Center (GPC) Numpukan, Desa Karang Tengah, Kecamatan Imogiri, Kabupaten Bantul Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Hadir dalam sosialisasi ini Anggota Komisi VII Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI), H.M. Gandung Pardiman, Asisten Sekretaris Daerah (Sekda) Bantul Bagian Perekonomian dan Pembangunan, Bambang Guritno, Camat Imogiri, Lurah serta sejumlah mahasiswa dari beberapa Perguruan Tinggi di DIY. Pada kegiatan paparan LAPAN diberikan oleh Kepala Biro Kerjasama Humas dan Umum (KSHU) Christianus R. Dewanto.

Kepala Biro KSHU Christianus R. Dewanto dalam sambutannya menyampaikan, “Sebagai instansi pemerintah Lembaga Pemerintah Non Kementerian (LPNK) melaksanakan tugas penelitian dan pengembangan (litbang) di bidang penerbangan dan antariksa, LAPAN memiliki fasilitas penelitian Satelit, Roket, Pesawat Terbang, Pengamatan Iklim dan Cuaca, dan Penginderaan Jauh. Fasilitas penginderaan jauh LAPAN terdiri dari Stasiun Bumi, Sistem Pengolahan Data, serta Sistem Pemanfaatan Aplikasi. Keberadaan fasilitas ini sebagai bank data penginderaan jauh nasional.” Data citra satelit yang diakuisisi dan direkam oleh stasiun bumi LAPAN mencakup seluruh wilayah di Indonesia mulai dari data dengan resolusi rendah, menengah dan tinggi yang selalu diupdate untuk melengkapi sistem data arsip. Data citara satelit sangat bermanfaat untuk inventarisasi lahan seperti untuk mitigasi bencana, komoditas pertanian, pemukiman, pariwisata, pertambangan, dan pontensi perikanan. Sekarang ini untuk menjawab tuntutan kepemimpinan dunia, LAPAN ikut berperan dalam mendukung pelaksanaan program Sustainable Development Goals (SDGs), yaitu dengan tujuan pembangunan yang berkelanjutan.

H.M. Gandung Pardiman memberikan sambutan, bahwa sosialisasi ini sangat tepat untuk bekal pengembangan daerah. Jika memungkinkan mulai dari desa, kecamatan, kabupaten dan provinsi perlu atau harus memiliki peta tematik. Data LAPAN dapat digunakan untuk membuka seluruh potensi di daerah. Pihaknya mendorong agar pemerintah daerah bersinergi dengan pihak LAPAN ketika akan melakukan pembangunan. Pada sesi pemaparan materi LAPAN, Arisdiyo Arisparis Utama LAPAN menjelaskan fasilitas litbang yang dimiliki, seperti: Satelit, Roket, Pesawat Terbang, Pengamatan Iklim dan Cuaca, dan Penginderaan Jauh. Khususnya di dalam bidang Penginderaan Jauh, disampaikan bahwa LAPAN memiliki komitmen dalam mensuplai data penginderaan jauh kepada pemerintah daerah sebagai rujukan dalam pengambilan kebijakan. Informasi yang dihasilkan mulai dari data lahan pertanian, peta tanah dan bangunan hingga pembuatan peta zona potensi penangkapan ikan. Nelayan dengan kapal besar bisa mengakses informasi tentang zona potensi ikan, sehingga nelayan tidak lagi mencari ikan tetapi menangkap ikan.


Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL