Kompetensi Utama

Layanan


LAPAN Selenggarakan Sosialisasi Litbangyasa Keantariksaan untuk Masyarakat Lamongan
Penulis Berita : Humas/DH • Fotografer : Humas/DH • 14 Nov 2018 • Dibaca : 5897 x ,

LAPAN menyerahkan citra satelit Kabupaten Lamongan kepada Pemda

Selasa (13/11), LAPAN mengadakan kegiatan sosialisasi hasil penelitian, pengembangan, dan perekayasaan (litbangyasa) bidang penerbangan dan keantariksaan. Acara tersebut berlangsung di Aula Hotel Grand Mahkota, Lamongan, Jawa Timur. Hadir sebagai perwakilan LAPAN, Jasyanto (Kepala Bagian Hubungan Masyarakat), I.L. Arisdyo (Arsiparis Utama). Selain itu acara juga dihadiri oleh N. Falah Amru (Anggota DPR-RI Komisi VII), perwakilan pejabat daerah, organisasi masyarakat, serta mahasiswa.

Dalam sambutannya, Jasyanto menerangkan tentang kedudukan, tugas, serta fungsi LAPAN sebagai lembaga penelitian dibidang penerbangan dan antariksa. Ia menjelaskan bahwa LAPAN memiliki 4 kompetensi utama yaitu bidang Sains Antariksa dan Atmosfer, Teknologi Penerbangan dan Antariksa, Penginderaan Jauh, serta Kajian Kebijakan Penerbangan dan Antariksa. Selain itu, LAPAN mendorong agar pemerintah daerah serta perguruan tinggi dapat berkolaborasi dan berkontribusi dalam pelaksanaan kegiatan litbangyasa keantariksaan. "Kami sangat berharap peran serta dari pemda maupun universitas di Lamongan agar aktif dalam mendukung kegiatan keantariksaan. Khusus untuk universitas kami telah menyediakan wadah dalam bentuk kompetisi Komurindo-Kombat", jelasnya.

Pada kesempatan ini, Jasyanto menjelaskan beberapa hasil litbangyasa LAPAN yang sudah banyak dimanfaatkan. Hasil litbangyasa tersebut diantaranya adalah penggunaan data citra untuk membantu pemerintah daerah dalam pengambilan kebijakan (RTRW, Penentuan Pajak Bumi dan Bangunan, dsb), Zona Potensi Penangkapan Ikan (ZPPI), citra satelit untuk kebutuhan land use dan land cover, serta pemanfaatan pesawat tanpa awak untuk survey dan monitoring.

Untuk meningkatkan hasil litbangyasa, disampaikan pula kepada anggota dewan agar mendukung kegiatan LAPAN, termasuk peningkatan alokasi anggaran kegiatan litbangyasa LAPAN.

Dalam pembukaan acara, N. Falah Amru menyampaikan bahwa peran serta LAPAN dalam penelitian telah banyak membantu di berbagai sektor pemerintahan. Teknologi satelit, pesawat, dan penginderaan jauh harus dimanfaatkan untuk menunjang pembangunan daerah kabupaten Lamongan. "Dengan peran yang cukup vital, saya rasa pemerintah perlu menambah alokasi anggaran penelitian khususnya dibidang keantariksaan," imbuhnya. Ia berharap agar LAPAN dapat terus aktif mensosialisasikan capaiannya ke masyarakat secara luas.

Kemudian acara dilanjutkan dengan paparan materi yang disampaikan oleh I.L. Arisdiyo. Ia menjelaskan mengenai 7 program utama LAPAN yang terdiri dari pengembangan teknologi satelit, pengembangan teknologi roket, pengembangan teknologi aeronautika, pengembangan Bank Data Penginderaan Jauh Nasional (BDPJN), Pengembangan Sistem Pemantauan Bumi Nasional (SPBN), pengembangan sistem pendukung pengambilan keputusan dinamika atmosfer equator, serta sistem pendukung pengambilan keputusan cuaca antariksa dan observatorium nasional. Menurutnya, program tersebut telah menunjang sektor pemerintahan diberbagai bidang seperti mitigasi bencana, pertanian, pembangunan dan pemetaan wilayah, pertanian, pemantauan cuaca, komunikasi amatir, pemantauan zona potensi penangkapan ikan, pemantauan kapal, dan lain sebagainya.


Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL