Kompetensi Utama

Layanan


LAPAN Diseminasikan Rencana Induk dan Hasil Litbangyasa dalam Pertemuan FKK
Penulis Berita : Humas/Erni • Fotografer : Humas/Sahari • 22 Nov 2018 • Dibaca : 5074 x ,

Peserta pertemuan FKK menyimak penjelasan salah satu narasumber LAPAN yang menyampaikan hasil litbangyasa LAPAN

Kamis (22/11), LAPAN menyelenggarakan Forum Komunikasi Kelitbangan (FKK) Kementerian/Lembaga di Kantor Pusat Teknologi Penerbangan LAPAN, Rumpin, Bogor. FKK merupakan wadah bagi para pelaksana/praktisi penelitian dan pengembangan di lingkungan kementerian dan lembaga pemerintah untuk berkomunikasi dan bertukar informasi. Tujuannya agar terjalin sinergi dan percepatan inovasi.

Pada pertemuan kali ini, tema yang dipilih adalah Diseminasi Rencana Induk dan Litbangyasa LAPAN untuk Kemajuan dan Kemandirian Bangsa. Pertemuan yang diselenggarakan Bagian Kerja Sama LAPAN ini mengundang sejumlah 34 Kementerian/Lembaga perwakilan anggota forum, serta beberapa mitra kerja sama.

Kegiatan dibuka oleh Deputi Bidang Teknologi Penerbangan dan Antariksa, Dr. Rika Andiarti, selaku pelaksana harian Kepala LAPAN. Ia menyampaikan perlunya teknologi penerbangan dan antariksa untuk pemanfaatan dalam kehidupan manusia. Menurutnya, sangat disayangkan apabila Indonesia hanya berperan sebagai pengguna teknologi satelit namun tidak menguasai teknologinya. Untuk itu, LAPAN sebagai lembaga litbangyasa mengembangkan satelit, di mana muatannya dapat bermanfaat bagi masyarakat. Termasuk di dalamnya, pentingnya satelit navigasi, teknologi penerbangan, serta sains atmosfer.

Sebelumnya, Kepala Biro Kerja Sama, Hubungan Masyarakat, dan Umum, Christianus Dewanto menyampaikan pertangungjawabannya kepada seluruh peserta FKK. Chris mengutarakan bahwa dalam forum ini disampaikan 5 paparan. Paparan tersebut yaitu Rencana Induk Penyelenggaraan Keantariksaan Tahun 2016-2040 yang disampaikan Prof. Dr. Erna Sri Adiningsih; Hasil Litbangyasa Pusat Sains dan Teknologi Atmosfer (PSTA) disampaikan oleh Kepala PSTA, Halimurrahaman; Hasil Litbangyasa Pusat Teknologi Satelit (Pusteksat) yang disampaikan Kepala Pusteksat, Mujtahid; dan Hasil Litbangyasa Pusat Teknologi Penerbangan (Pustekbang) yang disampaikan Kepala Pustekbang, Gunawan S. Wibowo. 

Pada forum ini, LAPAN juga mengundang narasumber Hagorly Hutasuhut, Direktur PT. Insitek, di bidang Start-up Application. Ia memaparkan tentang Aplikasi Helion (Flying BTS) sebagai teknologi alternatif infrastruktur konektivitas internet.

Dengan terselenggaranya pertemuan FKK ini, LAPAN berharap dapat menyebarkan informasi tentang perkembangan sains dan teknologi kedirgantaraan dan pemanfaatannya. Kegiatan ini juga menjadi media bagi LAPAN untuk memperluas jejaring komunitas penelitian, membuka kesempatan peningkatan kapasitas sumber daya manusia, serta meningkatkan kerja sama riset ilmiah dengan berbagai institusi dalam dan luar negeri.


Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL