Kompetensi Utama

Layanan


LAPAN Tingkatkan Peran Pelaksana Kehumasan untuk Menghadapi Kemajuan Iptek di Era Digital
Penulis Berita : Humas/And • Fotografer : Humas/Sgd • 23 Nov 2018 • Dibaca : 3037 x ,

Peserta menyimak paparan narasumber dari London School Academy dalam kegiatan seminar dan bimbingan teknis kehumasan di Hotel Park, Jakarta, Jumat (23/11)

LAPAN menyelenggarakan kegiatan seminar dan bimbingan teknis guna meningkatkan performa para pelaksana kehumasan. Kegiatan berlangsung pada 22-23 November 2018 di Hotel Park, Jakarta. Kegiatan ini diikuti para pelaksana kehumasan dari seluruh satuan kerja yang ada di LAPAN. Acara tersebut merupakan kegiatan rutin tahunan sebagai salah satu program utama Bagian Hubungan Masyarakat (Humas) dalam upaya meningkatkan kapasitas sumber daya manusia di bidang kehumasan.

Acara dibuka Kepala Bagian Humas, Jasyanto, mewakili Kepala Biro Kerja Sama, Hubungan Masyarakat, dan Umum, Christianus R. Dewanto. Dalam sambutannya, Jasyanto melaporkan, hasil pelaksanaan program dan kegiatan Bagian Humas, termasuk penghargaan Komisi Informasi Pusat (KIP) atas prestasi PPID LAPAN yang meraih tiga besar lembaga terinformatif dalam pemeringkatan keterbukaan informasi publik. 

Jasyanto berharap, meski beberapa tahun terakhir LAPAN meraih prestasi membanggakan tersebut, namun tidak membuat para pelaksana kehumasan berpangku tangan. Penghargaan ini, menurutnya, akan dijadikan semangat untuk semakin meningkatkan kinerja dalam upaya memberikan layanan prima kepada publik. Sebab, bagaimanapun juga, layanan ini menjadi bagian dari kontribusi Humas LAPAN dalam meningkatkan pencitraan positif terhadap LAPAN.

Seminar dibuka dengan diskusi panel bertemakan Tantangan Humas Zaman Now yang disampaikan oleh para narasumber dari Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) dan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo). Paparan pertama disampaikan oleh Firman Hidayat dan Doddy Zulkifli dari Kemenristekdikti. Materi yang disampaikan adalh Peran Humas Lembaga Litbang di Era Revolusi Industri 4.0. Sedangkan paparan selanjutnya tentang Strategi Kehumasan Pemerintah dalam Menjawab Tantangan Era Digital. 

Dalam diskusi, dibahas terkait pemanfaatan media sosial untuk mendiseminasikan program dan kegiatan guna mendongkrak popularitas lembaga. Dijelaskan, bahwa untuk menghadapi era zaman now, sudah menjadi tuntutan lembaga, bahkan personal mengikuti perkembangan dan kemajuan zaman dengan memanfaatkan saluran informasi dan komunikasi yang memang sedang viral digunakan.

Seminar dilanjutkan dengan bimbingan teknis yang menghadirkan narasumber dari London School Academy, Dr. Janette Maria Pinariya. Janette mengajak diskusi mengenai strategi personal branding Public Relations untuk membangun kepercayaan publik. Ia juga mengajak peserta berperan aktif dalam memberikan gagasan terkait gaya kepemimpinan dan komunikasi dalam organisasi.

Pelaksanaan hari pertama bimbingan teknis, ditutup dengan sharing ilmu pengetahuan tentang pengelolaan media dan jurnalistik. Materi disampaikan oleh Eksekutif Produser I News TV, Teguh Dwi Hartono.

Hari kedua pelaksanaan dibuka dengan diskusi panel yang dipandu oleh Komisi Informasi Pusat (KIP). Diskusi pertama membahas tentang monitoring dan evaluasi keterbukaan informasi publik. Materi disampaikan oleh Komisioner Bidang Advokasi Sosialisasi Edukasi KIP, Wafa Patria Umma. Kemudian, Diskusi terkait pemeringkatan dipandu oleh Staf Ahli KIP, Tya Tirta Sari.

Akhir dari bimbingan teknis diisi dengan pemaparan narasumber dari London School Academy, sophia Bernadette. Sophia menyampaikan paparan tentang sosial media, publik, dan humas, serta bagaimana menyajikan informasi dengan kreatif melalui media sosial.





Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL