Kompetensi Utama

Layanan


MA Ma’had DDI Pangkajene Kunjungi LAPAN Parepare
Penulis : Redaksi / Alfiansyah Anwar • Media : pijarnews.com • 27 Nov 2018 • Dibaca : 1318 x ,

SIDRAP, PIJARNEWS.COM — Belajar di luar ruangan kelas merupakan salah satu upaya terciptanya pembelajaran agar terhindar dari kejenuhan, kebosanan, dan persepsi belajar hanya di dalam kelas. Pembelajaran tak perlu melulu dilakukan di dalam kelas, tetapi bisa dilakukan di luar kelas, seperti di tempat-tempat terbuka, tempat manusia bisa saling berinteraksi.

Hal ini disadari oleh Madrasah Aliyah (MA) Ma’had DDI Pangkajene Sidrap. Konsep belajar di luar sekolah telah diperluas menjadi belajar dari luar sekolah. Untuk mewujudkan itu MA Ma’had DDI Pangkajene memboyong siswanya belajar jauh dari gedung sekolahnya. Mereka melakukan kunjungan ke Lembaga Penerbangan Dan Antariksa Nasional (LAPAN) Stasiun Bumi Penginderaan Jauh di Kota Parepare, baru-baru ini.

“Sengaja, kami mengajak para siswa untuk belajar di luar sekolah agar mereka tidak jenuh dan dapat mengembangkan kreativitas serta melihat berbagai hal mengglobal,” kata Maryam, salah satu guru yang mendampingi siswa dari MA Ma’had DDI Pangkajene Sidrap tersebut.

Maryam mengatakan, kegiatan seperti ini dirasakan betul manfaatnya, karena selain dapat mengubah persepsi pembelajaran, kunjungan ini sekaligus membuka wawasan siswanya.

“Mengajak siswa belajar di luar kelas dapat memberi pengaruh positif, dapat menambah wawasan, bahkan dapat langsung diaplikasikan di lapangan,” ujarnya lagi.

Dalam kunjungan belajar di luar sekolah tersebut lanjut Maryam, pihaknya membawa seluruh kelas 3 dari dua jurusan yakni jurusan IPA dan IPS. Kunjungan ke Stasiun Penginderaan jauh LAPAN Parepare tersebut untuk kelas 3 IPS terkait mata pelajaran Geografi dan untuk IPA terkait pelajaran Fisika.

“Objek lokasinya sama. Cuma pendekatan pembelajaran mereka berbeda. Ada dari sudut pandang Geografi dan ada dari sudut pandang Fisika. Para siswa betul-betul menyaksikan langsung materi yang mereka pelajari selama ini,” papar Maryam.

Sementara Kepala MA Ma’had DDI Pangkajene, Sirajuddin Gani mengaku sangat mengapresiasi kegiatan belajar luar sekolah tersebut. Mengajak siswa ke Stasiun Penginderaan jauh LAPAN Parepare itu sangat penting untuk mengenalkan lebih dekat materi mata pelajaran yang secara teori telah dipelajari di sekolah.

“Ini memacu siswa agar lebih aktif lagi dalam mendalami pelajaran di sekolah,” ujarnya.

Belajar di luar sekolah lanjut mantan Kepala MTs Ma’had DDI Pangkajene Sidrap ini juga lebih membuka pandangan para siswa sehingga pengetahuan di luar kurikulum pun dapat diterima lebih baik.

“Dalam kunjungan ini, selain siswa mengenal alat penginderaan jauh. Mereka juga menyaksikan langsung objek dari penginderaan jauh tersebut. Mengingat penting dan besarnya manfaat kunjungan seperti ini, sekolah kami tiap tahun mengagendakan studi luar kelas seperti ini,” tandasnya.

Dalam kunjungan baru-baru ini, selain ke LAPAN, para siswa MA Ma’had DDI Pangkajene Sidrap juga berkunjung ke kebun Raya Jompie Parepare. Di lokasi ini, para siswa dikenalkan dengan jenis tanaman yang ada di kebun raya tersebut beserta nama latinnya. (*)






Sumber : https://www.pijarnews.com/ma-mahad-ddi-pangkajene-kunjungi-lapan-parepare/








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL