Kompetensi Utama

Layanan


Balon Sonde Kerja sama LAPAN, BMKG, dan PT. Inti
Penulis Berita : Humas/MG • Fotografer : Humas/MG • 01 Dec 2018 • Dibaca : 196 x ,

Uji coba balon radio sonde LAPAN di Garut.

Mendekatkan hasil riset dan inovasi kepada pengguna memiliki tujuan untuk memperluas manfaat dan dampak hasil riset dan inovasi kepada masyarakat. Didasari hal tersebut, banyak hasil litbang Pusat Sains Teknologi Atmosfer (PSTA) LAPAN yg dapat dimanfaatkan oleh masyarakat salah satunya radiosonde.

Radiosonde sendiri merupakan sebuah peralatan yang digunakan pada balon cuaca berguna untuk mengukur berbagai parameter atmosfer dan mengirimkan ke penerima tetap. Sebagai hilirisasi industri, PSTA LAPAN dan PT. Inti melaksanakan ujicoba perangkat radiosonde hasil karya anak bangsa di Balai Uji Teknologi dan Pengamatan Antariksa dan Atmosfer LAPAN Garut pada hari Sabtu (1/12) pukul 06.55 WIB. Ujicoba radiosonde tersebut merupakan bagian tahapan hilirisasi litbang sains dan teknologi atmosfer yang diharapkan dapat dikomersialisasi melalui produksi PT. Inti. Kegiatan tersebut memperoleh dukungan anggaran dari Kemenristekdikti dan BMKG menjadi pengguna dari produk tersebut.



Ketua tim uji coba PSTA LAPAN, Ginaldi Ari Nugroho menyatakan bahwa uji coba kali ini menargetkan bisa mencapai ketinggian maksimal dan dapat membandingkan data yang diterima antara perangkat radiosonde dari PT. Inti, BMKG dan dari PSTA LAPAN yang diterbangkan secara bersama-sama.

Masih banyak tugas yang harus dilaksanakan oleh tim mengingat level target saat ini masih di level 7 yang artinya uji coba lapangan yang bersifat pengujian laboratorium sebelum mencapai target 9 untuk komersialisasi dan produksi.



Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2018 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL