Kompetensi Utama

Layanan


LAPAN Resmi Mulai Bangun Observatorium Terbesar di Asia Tenggara
Penulis : Dythia Novianty | Lintang Siltya Utami • Media : suara.com • 01 Dec 2018 • Dibaca : 1226 x ,

Suara.com - Memasuki babak baru keantariksaan, Indonesia akan membangun fasilitas observatorium terbesar di Asia Tenggara yang berlokasi di lereng Gunung Timau, Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT) dengan ketinggian 1.300 mdpl. Pembangunan ini telah resmi dimulai oleh Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) setelah dilakukan peletakkan batu pertama.

Menurut informasi dari web LAPAN, acara peletakkan batu tersebut dipimpin langsung oleh Deputi Sains Antariksa dan Atmosfer LAPAN, Afif Budiyono, dan menjadi tanda dimulainya pembangunan fisik rumah teleskop optik 3,8 meter yang akan menjadi instrumen utama dari Kawasan Observatorium Nasional Timau tersebut.

Pemilihan lokasi sendiri dikarenakan daerah Gunung Timau merupakan area kering dengan persentase memiliki malam bercuaca cerah mencapai 70 persen. Hal tersebut menjadi faktor yang sangat penting untuk melakukan pengamatan dan riset astronomi.

Observatorium yang akan dibangun pada kawasan inti seluas 47 hektar dan kawasan penyangga seluas 330 hektar itu nantinya akan memiliki area khusus sendiri bagi para peneliti, area pengamatan publik secara terbatas, dan area untuk wisata edukasi.

Tak hanya itu, observatorium ini juga akan dilengkapi dengan teleskop radio yang terdiri dari tiga teleskop berdiameter 50 centimeter untuk pengamatan multi panjang gelombang dan resolusi tinggi. Jika proses pembangunan berjalan dengan lancar, diperkirakan Observatorium Nasional Timau ini akan selesai dalam dua tahun dari sekarang.





Sumber : https://www.suara.com/tekno/2018/12/01/093000/lapan-resmi-mulai-bangun-observatorium-terbesar-di-asia-tenggara








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL