Kompetensi Utama

Layanan


Seminar Perencana Sebagai Ajang Tukar Menukar Informasi
Penulis Berita : Humas/IKD • Fotografer : Humas/JP • 12 Dec 2018 • Dibaca : 1431 x ,

Foto Bersama seluruh peserta dan narasumber Seminar Perencana yang diselenggarakan di Kantor LAPAN Pekayon, Jakarta Timur, Rabu (12/12).

LAPAN menyelenggarakan Seminar Perencana ke-3 di Gedung Indriya Bhuwana, Kantor Pusat Teknologi dan Data Penginderaan Jauh LAPAN, Pekayon, Jakarta Timur, Rabu (12/12). Seminar kali ini membahas tema “Perencanaan Pembangunan Keantariksaan 2020-2024”. Tema diambil untuk menyelaraskan persiapan penyusunan Rencana Strategis LAPAN 2020-2024. 

Kegiatan dibuka oleh Deputi Sains Antariksa dan Atmosfer, Afif Budiyono. Hadir sebagai peserta kegiatan para pejabat struktural dan pejabat fungsional perencana di lingkungan LAPAN. LAPAN juga mengundang peserta para pejabat fungsional perencana dari BATAN, Pemprov Banten, dan Pemkab Bogor. 

Afif menyampaikan, hasil pemikiran perencana harus bermanfaat untuk LAPAN, bukan untuk kepentingan fungsional saja. Seminar Perencana dapat dijadikan sebagai ajang diskusi dan tukar menukar informasi. “Hasilnya agar bermanfaat untuk membangun LAPAN mencapai visi di tahun 2020-2024, yaitu LAPAN sebagai penggerak industri penerbangan berbasis penelitian dan pengembangan yang unggul,” imbuhnya. 

Pemaparan diawali dengan penyampaian keynote speech oleh Ketua Umum Asosiasi Perencana Pemerintah Indonesia (AP2I), Dr. Suprayoga Hadi. Ia menjelaskan tentang arah kebijakan jabatan fungsional Perencana. Dalam paparannya, ia mengatakan, para fungsional perencana harus mempunyai terobosan agar dapat bersinergi dengan para struktural. Mengapa demikian? Fungsional perencana bukan merupakan pelengkap tetapi mempunyai identitas yang jelas.

Jabatan fungsional perencana merupakan suatu struktur yang turut membangun Aparatur Sipil Negara (ASN) ke depan. Seorang perencana harus berpikir out of the box, punya mimpi, punya sifat pro aktif atau tidak menunggu penugasan. Setelah menyampaikan pencerahan, maka acara dilanjutkan dengan diskusi dan tanya jawab yang dipandu moderator Ketua AP2I Komisariat LAPAN, Priyono. 

Seminar diisi dengan 13 paparan dari para fungsional perencana, mewakili keterlibatan instansi-instansi yang diundang. Jenjang fungsionalnya mulai dari Perencana Pertama, Muda, sampai dengan Utama. Beberapa materi pemaparan tersebut yaitu pemanfaatan informasi spasial untuk mendukung pembangunan berkelanjutan, penerapan teknologi roadmapping, analisis capaian kinerja, potensi ekonomi pembangunan Obnas, analisis efisiensi relatif pusat teknis, penyesuaian penyusunan dan penelaahan RKAKL dan pengesahan DIPA 2019, penerapan kriteria evaluasi OECD/DAC untuk peningkatan kualitas belanja daerah, dan kajian awal penataan kelembagaan iptek nuklir. 


Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL