Kompetensi Utama

Layanan


Tsunami Banten, LAPAN Turunkan Satelit Spot
Penulis : William Billy Piri, Anggit • Media : validnews.id • 25 Dec 2018 • Dibaca : 2268 x ,

JAKARTA - Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) menurunkan satelit Spot 6/7 tahun 2016-2017 untuk membantu proses evakuasi korban tsunami di Selat Sunda, Banten.

Citra satelit Lapan itu diturunkan untuk menganalisis kejadian tsunami yang hasilnya bisa digunakan dalam proses evakuasi korban terdampak tsunami di wilayah tersebut.

Kepala Bidang Diseminasi Pusfatja Lapan M Priyatna mengatakan pihaknya berintegrasi dengan BNPB dan Bappeda provinsi Banten untuk mengolah informasi ini agar dapat digunakan sebagai referensi evakuasi korban bencana tsunami.

“Lapan telah melakukan tindakan dini menggunakan satelit Spot 6/7 tahun 2016-2017 dengan mengeluarkan Rilis 1,” ucap Kepala Bidang Diseminasi Pusfatja Lapan M Priyatna seperti diberitakan Antara.

Rilis 1, kata M Priyatna berisi analisis potensi wilayah yang terdampak sesuai dengan kombinasi citra satelit, Digital Elevation Model (DEM), dan batas administrasi.

Peta tersebut berisi perkiraan aliran laut yang masuk ke daratan, mulai dari 2,5 meter, lima meter hingga 10 meter. Data rilis 2 akan berisi data setelah kejadian dengan analisis lanjutan.

Data tersebut diserahkan kepada Bappeda Provinsi Banten yang nantinya dalam proses evakuasi dilakukan oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). Internasional Disaster Charter juga diusulkan Lapan untuk di aktifkan.

“Kemarin IDC telah diaktifkan oleh UN Spider (United Nations Platform for Space-based Information for Disaster Management and Emergency Response). Data pascabencana yang sudah diprogramkan adlah Radarsat, Pleiades, RapidEye dan TerraSAR-X,” kata dia.

IDC akan memperlihatkan data daerah terdampak seperti prediksi jumlah bangunan rusak hingga luasannya.

Laporan dari Pandeglang, Banten, Posko Bencana Tsunami di Kecamatan Labuhan Kabupaten Pandeglang, Banten, mencatat data terakhir hingga pukul 07.00 WIB sebanyak 256 meninggal dunia, dan 757 orang luka-luka dan sudah mendapat penanganan dari tim medis.

Jumlah korban tersebut tersebar di 17 Kecamatan, merupakan wilayah yang berada di Pesisir Anyer, Cinangka, Kabupaten Serang dan Carita, Labuhan, Pabinbang, Tanjung Lesung hingga.

Selain itu, Sumur, Kabupaten Pandeglang, yang terdampak tsunami pada Sabtu malam kemarin. Tercatat 256 Meninggal dunia, dan 757 orang luka-luka sudah mendapat penanganan dari tim medis.






Sumber : https://www.validnews.id/Tsunami-Banten--Lapan-Turunkan-Satelit-Spot-XiZ








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL