Kompetensi Utama

Layanan


12 Tahun LAPAN-A1, Satelit Pertama Karya Anak Bangsa yang Tangguh
Penulis : Iswah Yudi • Media : airmagz.com • 11 Jan 2019 • Dibaca : 1932 x ,

Jakarta, airmagz.com – Ada kabar yang sangat membanggakan dari salah satu satelit karya anak bangsa, LAPAN-A1/LAPAN-TUBSat, yang kini genap berusia 12 tahun.

Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) melakukan perayaan ulang tahun LAPAN-A1 melalui jejaring sosial twitter. Disertakan pula beberapa foto hasil jepretan LAPAN-A1.

“12 tahun yang lalu menggunakan roket PSLV C-07, satelit pertama karya anak bangsa resmi meluncur. Diprediksi satelit tersebut hanya berumur 2-3 tahun, puji syukur hingga menginjak usia 12 tahun masih mengorbit walaupun beberapa muatan sudah tidak bekerja secara optimal,” bunyi kicauan akun twitter @lapansat.

Dengan awal yang luar biasa dan melebihi ekspektasi telah mendorong anak bangsa untuk terus mengembangkan satelit-satelit selanjutnya. Hal itu demi Indonesia yang maju dan mandiri di bidang satelit.

Adapun mengenai kemampuan bertahan dari satelit LAPAN-A1 yang melampaui prediksi, Kepala LAPAN, Thomas Djamaluddin menyebut karena minimnya gangguan badai matahari.

“Saat diluncurkan pada 2007, aktivitas matahari sedang minimum. Sehingga gangguan badai matahari minimum. Satelit LAPAN-A1 pada ketinggian 630 kilometer itu bisa bertahan di orbit sekitar puluhan tahun. Padahal daya tahan instrumennya rata-rata hanya 2-3 tahun untuk kelas satelit mikro,” kata Djamaluddin seperti dilansir Antara.

Sebagai informasi, satelit LAPAN-A1 merupakan satelit mikro pertama buatan LAPAN. Satelit tersebut memiliki bobot 54 kilogram dan ketinggian orbit polar 630 kilometer.

Satelit mikro itu merupakan satelit eksperimen dengan muatan kamera video yang dibuat pada 2003. Diluncurkan dengan roket PSLV C-07 dari Bandar Antariksa Satish Dhawan Sriharikotta, India, pada 10 Januari 2007.

Sementara proses pembuatannya dibantu perekayasa Universitas Teknologi Berlin (TUB) Jerman, diluncurkan dengan roket Organisasi Riset Antariksa India (ISRO).







Sumber : https://www.airmagz.com/37090/12-tahun-lapan-a1-satelit-pertama-karya-anak-bangsa-yang-tangguh.html








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL