Kompetensi Utama

Layanan


Iran Gagal Luncurkan Satelit ke Orbit
Penulis : Novi Christiastuti • Media : detik.com • 15 Jan 2019 • Dibaca : 3605 x ,

Teheran - Upaya Iran meluncurkan sebuah satelit ke orbit gagal dilakukan. Peluncuran satelit ini dilakukan Iran di tengah peringatan Amerika Serikat (AS) yang melarang negara itu melakukan aktivitas serupa.

Bulan ini, otoritas AS memperingatkan Iran yang berencana meluncurkan tiga roket ke orbit. AS menyatakan aktivitas peluncuran semacam itu jelas melanggar resolusi Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) karena melibatkan teknologi rudal balistik.

Seperti dilansir Reuters, Selasa (15/1/2019), Menteri Telekomunikasi Iran Mohammad Javad Azari-Jahromi menyatakan satelit bernama Payam yang diluncurkan pada Selasa (15/1) waktu setempat, gagal mencapai orbit.

Disebutkan Azari-Jahromi bahwa proses peluncuran tahap ketiga gagal dilakukan karena roket 'tidak mencapai kecepatan yang cukup'.

Laporan menyebut satelit Payam dimaksudkan untuk tujuan pencitraan dan komunikasi. Satelit itu dilengkapi dengan empat kamera khusus. Rencananya, satelit itu akan diluncurkan ke orbit setinggi 500 kilometer dari permukaan Bumi dan tetap berada di sana selama 3 tahun ke depan.

Ditambahkan Azari-Jahromi dalam pernyataannya, sebuah satelit lainnya bernama Doosti menunggu untuk diluncurkan. "Kita tidak seharusnya berhenti. Tepat pada situasi seperti ini, kita warga Iran berbeda dari orang lain dalam semangat dan keberanian," katanya usai mengumumkan kegagalan peluncuran.

Diketahui bahwa AS khawatir jika teknologi balistik jarak jauh yang digunakan Iran untuk meluncurkan satelit ke orbit luar angkasa juga digunakan untuk meluncurkan hulu ledak.

Otoritas Iran sendiri menegaskan bahwa peluncuran kendaraan luar angkasa dan uji coba rudal tidak melanggar aturan dan akan terus dilanjutkan. Diketahui bahwa Iran menganggap program luar angkasa mereka sebagai kebanggaan nasional.

Iran pertama kali meluncurkan satelit buatan dalam negeri, OMID yang merupakan satelit penelitian dan telekomunikasi pada tahun 2009 saat peringatan 30 tahun Revolusi Iran yang terjadi tahun 1979 silam. Peringatan 40 tahun Revolusi Iran jatuh pada Februari mendatang.


(nvc/ita)











Sumber : https://news.detik.com/internasional/4385727/iran-gagal-luncurkan-satelit-ke-orbit








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL