Kompetensi Utama

Layanan


PUSTEKDATA SIAP MENDUKUNG LAPAN MEMASUKI ERA KOMERSIALISASI INDUSTRI KEANTARIKSAAN
Penulis : Redaksi • Media : pui.ristekdikti.go.id • 11 Jan 2019 • Dibaca : 3694 x ,

Jakarta, Kamis 10 Januari 2019, Kedeputian Bidang Penginderaan Jauh (Inderaja) menerima kunjungan kerja Kepala LAPAN Prof. Dr. Thomas Djamaluddin dalam rangka sosialisasi program kerja LAPAN Tahun Anggaran 2019 yang dihadiri oleh Deputi Bidang Penginderaan Jauh, Dr. Orbita Roswintiarty, Sekretaris Utama LAPAN, Prof. Dr. Ir. Erna Sri Adhiningsih, M.Si., Kepala Pusat Teknologi dan Data Penginderaan Jauh (Pustekdata), Ir. Dedi Irawadi, Kepala Inspektorat, Ratih Pratiwi, S.H. beserta seluruh staf di lingkungan Pustekdata dan Inspektorat LAPAN.

Dalam sambutannya Kepala LAPAN mengatakan bahwa kedepan kita harus menciptakan produk-produk hasil penelitian, pengembangan dan kerekayasaan kita menjadi produk yang bisa dijual sehingga menghasilkan income bagi negara. Sesuai dengan kompetensinya dalam bidang keantariksaan, maka LAPAN harus bisa menjadi motor penggerak terciptanya industri kedirgantaraan diantaranya pengembangan pesawat terbang untuk mendukung kebutuhan transportasi udara, pengembangan industri roket untuk bidang pertahanan dan keamanan, pengembangan industri satelit untuk berbagai misi dan pengembangan industri remote sensing untuk mendukung berbagai keperluan pembangunan (tata ruang, kehutanan, pertanian, perkebunan, kemaritiman sampai kepada penanganan kebencanaan). Untuk mencapai tujuan tersebut tidak bisa dibebankan kepada pimpinan semata, tetapi menjadi tanggung jawab seluruh pegawai LAPAN, sedangkan peneliti dan perekayasa akan menjadi ujung tombak di dalam pencapaian sasaran strategis LAPAN.

Sehubungan dengan rencana besar LAPAN ke depan, maka Pustekdata sebagai salah satu satuan kerja teknis di bawah Kedeputian Bidang Inderaja siap mendukung langkah dan kebijakan yang telah dicanangkan Kepala LAPAN. Kapustekdata dalam presentasinya menyampaikan beberapa rencana terkait komersialisasi industri kedirgantaraan diantaranya memberi gambaran mengenai jangkauan market secara nasional yang meliputi seluruh Indonesia seperti 34 kota ibukota provinsi dan 512 kota ibukota kabupaten/kota. Sedangkan market internasional yang kita anggap potensial saat ini adalah negara-negara kawasan Asean. Disamping itu ada beberapa Kementerian/Lembaga yang juga potensial untuk jadi market jasa remote sensing diantaranya Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Kementerian Pariwisata dll. Adapun bidang prasarana yang telah siap dilakukan adalah ready use data-link service, special data request, data solution platform. Disamping mempersiapkan sumber daya sarana dan prasarana, pada tahun 2019 ini Pustekdata telah menetapkan target kontrak bisnis dengan beberapa instansi pemerintah/BUMN maupun swasta yaitu PT Telkom, PT DTP, PT Biznet, PT Waindo Spectra, dan PT Citra Bumi.

Sasaran strategis yang akan kita capai dalam waktu dekat ini adalah membangun remote sensing community based environment, yang akan mendukung National Remote Sensing Science Team berkolaborasi dengan Nasional dan Internasional Partner (Airbus, JAXA, PASCO, UMD), sehingga akan diperoleh sistem jaringan yang kuat untuk mendukung terealisasinya komersialisasi industri keantariksaan di tanah air. Rencana kegiatan pada tahun ini dalam rangka proses bisnis tersebut meliputi Provide easy acces to multi-sources data information dimana kita telah memiliki Jaringan Stasiun Bumi Nasional yang terletak di Parepare, Jakarta dan Bogor dan posisi kita sebagai salah satu simpul Jaringan Bank Data Penginderaan Jauh Nasional (BDPJN), yang kedua Develop digital services dimana Pustekdata telah membangun PSPACeMAP, data node/hub untuk Nasional dan Regional dan yang ketiga Promote Innovative Solutions berupa kajian sosio economic benefit, WMS untuk Kementerian Pertanian, data plug-in service untuk smart city di Indonesia (hilirisasi incubator start-up), open free data pool untuk start-up/bisnis incubator. Saat ini Pustekdata sudah memiliki beberapa produk unggulan siap jual yaitu Jaringan Sistem Stasiun Bumi, Sistem Pengolahan Data, Platform penyediaan data untuk nasional dan Kawasan regional, SPACeMAP/portal BDPJN, Datacube service/LAPAN Engine.

Pada akhir acara sosialisasi, diadakan penandatanganan Perjanjian Kinerja Kepala Satuan Kerja Pustekdata Tahun 2019 dilanjutkan foto bersama Kepala LAPAN beserta seluruh peserta yang hadir.













Sumber : https://pui.ristekdikti.go.id/index.php/news/news_detail/OEXm7Gg








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL