Kompetensi Utama

Layanan


Konjungsi Jupiter dan Venus
Penulis Berita : Humas/Gunawan Admiranto • Fotografer : Timeanddate • 21 Jan 2019 • Dibaca : 908 x ,

Posisi Jupiter di peta langit. Di peta langit ini Venus tidak terlihat karena medan pandang peta ini yang sempit. Perhatikan bahwa Jupiter terletak di dekat rasi Scorpio.

Sebelum Matahari terbit pada tanggal 22 Januari 2019, bila kita melihat ke arah tenggara akan tampak peristiwa konjungsi Venus dan Jupiter di langit fajar. Pada kedudukan ini, dua benda langit terang ini terpisah pada posisi sejauh 2,5 derajat satu sama lain di mana Jupiter terletah berada di sebelah selatan Venus. Fenomena ini sangat menarik karena Venus dan Jupiter adalah benda langit ketiga dan keempat paling terang di langit setelah Matahari dan Bulan.

Dari Indonesia bagian barat, Venus dan Jupiter ini akan terbit pada pukul 02:33 WIB (3 jam 18 menit sebelum terbitnya Matahari) dan mencapai ketinggian 41 derajat di atas cakrawala tenggara sebelum cahayanya dialahkan oleh cahaya Matahari terbit. Gambar 1 menunjukkan konfigurasi kedua planet tersebut di langit tenggara beberapa saat sebelum Matahari terbit.

Walaupun mereka tampak berdekatan, tetapi pada kenyataannya Jupiter 7,5 kali lebih jauh daripada Venus hanya kebetulan saja mereka tampak segaris pandang. Peristiwa konjungsi ini akan kita amati lagi pada tahun 2019 pada tanggal 24 November setelah Matahari terbenam di ufuk barat. Fenomena tahun 2019 ini cukup istimewa karena biasanya konjungsi Venus dan Jupiter hanya terjadi setahun sekali.

Marilah kita amati peristiwa indah ini, dan kita berharap bahwa langit timur esok pagi cukup terang sehingga fenomena ini bisa kita amati.


Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL