Kompetensi Utama

Layanan


Siap-siap! Hari Ini Gerhana Bulan Super Blood Wolf Moon
Penulis : Redaksi • Media : nusanews.id • 21 Jan 2019 • Dibaca : 776 x ,

NUSANEWS - Gerhana bulan total atau ‘super blood wolf moon’ akan terjadi petang nanti.

Supermoon adalah fenomena ketika Bulan pada posisi lebih dekat dengan Bumi karena orbitnya yang berbentuk lonjong atau elips. Hal itulah yang akan membuat Bulan terlihat 30 persen lebih bercahaya dan besar ketika berada pada posisi yang lebih dekat dengan Bumi.

Namun, kedua fenomena ini tidak akan terlihat dari langit Indonesia. Alih-alih pengamat di Indonesia hanya bisa melihat fenomena Super Moon saja.
“Gerhana bulan total tidak bisa diamati di Indonesia. Hanya Amerika dan Eropa,” terang Kepala Lembaga Astronomi dan Penerbangan Nasional (LAPAN), Thomas Djamaluddin dikutip Pojoksulsel.com dari laman CNNIndonesia.com, Senin (21/1/2019).

“Gerhana bulan total (blood moon) tidak bisa terlihat karena saat itu di Indonesia siang hari,” lanjutnya.

Sementara itu, super blood wolf moon terjadi ketika bulan berada di orbit terdekat dengan bumi (super) dan akan berwarna kemerahan (blood) saat jelang terjadinya fenomena gerhana. Hal ini terjadi karena Bulan memantulkan cahaya Matahari menjelang gerhana total.

Di sisi lain, sebutan wolf yang berarti serigala diambil dari Alamanac Petani Kuno di negara-negara Barat ketika bulan purnama terjadi di Januari, seperti dilaporkan BGR.

Kendati demikian, Thomas membenarkan bahwa Indonesia setidaknya masih kebagian cahaya supermoon. Fenomena itu akan terjadi hari ini sepanjang malam.

“Secara astronomi tidak ada keistimewaan [supermoon pada 21 Januari]. Namun publik tertarik mengamati supermoon, saat purnama terdekat,” ungkapnya.





Sumber : https://www.nusanews.id/2019/01/siap-siap-hari-ini-gerhana-bulan-super.html








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL