Kompetensi Utama

Layanan


Rakornas Inderaja 2019: Data Citra Satelit LAPAN Dukung Tujuan Pembangunan Berkelanjutan
Penulis : Iswah Yudi • Media : airmagz.com • 30 Jan 2019 • Dibaca : 2751 x ,

Jakarta, airmagz.com – Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) menyelenggarakan Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Citra Satelit Penginderaan Jauh (Inderaja) Tahun 2019 di Birawa Hall Hotel Bidakara, Jakarta, Rabu (30/1). Rakornas kali ini mengangkat tema “Penyelenggaraan Kegiatan Penginderaan Jauh untuk Pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals) era Industri 4.0”.

Sebagaimana ditetapkan dalam Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 59 Tahun 2017 tentang Pelaksanaan Pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Kepala LAPAN, Thomas Djamaluddin menegaskan, peran penginderaan jauh menjadi komponen kunci dalam pelaksanaan pencapaian SDGs, khususnya untuk pemantauan sumber daya alam, lingkungan, kebencanaan, penataan ruang, perpajakan, pemetaan dasar, penegakan hukum, dll.

LAPAN siap mendukung pelaksanaan pencapaian SDGs melalui penyediaan data dan informasi satelit pengindraan jauh serta kerja sama dengan Kementerian/Lembaga, TNI, POLRI, Pemerintah Daerah, Perguruan Tinggi, Badan Usaha Milk Negara, Swasta, dan organisasi-organisasi terkait di dalam dan luar negeri.

Dalam rakornas tersebut, LAPAN juga meluncurkan aplikasi yang dapat diakses melalui telepon seluler berbasis Android. Aplikasi yang dimaksud adalah Sistem Pemantauan Bumi Nasional berbasis Android (SIPANDORA) dan Sistem Penyajian Data yang Cepat, Mudah, Aman, dan Populer (SPACeMAP).

“Kami meluncurkan layanan informasi yang lebih cepat, mudah, bisa diakses dengan gadget berbasis Android. Layanan yang sudah diberikan LAPAN dengan citra satelit dengan berbagai resolusi, itu telah berkontribusi memberikan penghematan anggaran negara yang luar biasa,” ujar Thomas Djamaluddin.

SPACeMap menyajikan pelayanan data citra satelit mulai dari resolusi rendah hingga resolusi sangat tinggi. Sementara SIPANDORA menyajikan informasi mengenai Sistem Pemantauan Sumber Daya Alam dan Lingkungan (SIPANDA) dan Sistem Informasi untuk Mitigasi Bencana (SIMBA).

Informasi yang disampaikan SIPANDA terkait sumber daya alam dan lingkungan wilayah darat, pesisir, dan laut berbasis data satelit penginderaan jauh. Sementara itu, SIMBA merupakan layanan informasi peringatan dini dan tanggap darurat bencana berbasis data penginderaan jauh.

Kedua sistem tersebut merupakan upaya LAPAN dalam memberikan layanan data dan informasi satelit inderaja berbasis digital dengan cepat, mudah, aman, dan populer. Selanjutnya, LAPAN akan terus mengembangkan sistem-sistem lainnya untuk meningkatkan layanan sebagai bentuk komitmen dalam mendukung industri 4.0. (IY)









Sumber : https://www.airmagz.com/38184/rakornas-inderaja-2019-data-citra-satelit-lapan-dukung-tujuan-pembangunan-berkelanjutan.html








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL