Kompetensi Utama

Layanan


LAPAN Luncurkan Aplikasi Pemantau Indonesia
Penulis : Setiyo Bardono • Media : technology-indonesia.com • 30 Jan 2019 • Dibaca : 2661 x ,

Jakarta, Technology-Indonesia.com – Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) sedang mengembangkan inovasi bidang penginderaan jauh yaitu SPACeMAP (Sistem Penyajian Data yang Cepat, Mudah, Aman, dan Populer) dan SIPANDORA (Sistem Pemantauan Bumi Nasional berbasis Android). Kedua sistem ini merupakan wujud nyata LAPAN dalam memberikan layanan data dan informasi satelit inderaja berbasis digital yang cepat, mudah, aman, dan populer.

Aplikasi tersebut diluncurkan pada dalam Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Citra Satelit Inderaja di Hotel Bidakara Jakarta, hari Rabu (30/1/2019). Selanjutnya, LAPAN akan terus mengembangkan sistem-sistem lainnya untuk meningkatkan layanan sebagai bentuk komitmen dalam mendukung Industri 4.0.

Komitmen ini juga guna mendukung pelaksanaan pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan (Sustainable Development Goals/SDGs) sebagaimana ditetapkan dalam Peraturan Presiden Nomor 59 Tahun 2017 tentang Pelaksanaan Pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan.

Kepala LAPAN, Thomas Djamaluddin menegaskan peran penginderaan jauh menjadi komponen kunci dalam pelaksanaan pencapaian SDGs, khususnya untuk pemantauan sumber daya alam, lingkungan, kebencanaan, penataan ruang, perpajakan, pemetaan dasar, penegakan hukum, dan lain-lain.

“LAPAN siap mendukung pelaksanaan pencapaian SDGs melalui penyediaan data dan informasi satelit penginderaan jauh serta kerja sama dengan Kementerian/Lembaga, TNI, POLRI, Pemerintah Daerah, Perguruan Tinggi, Badan Usaha Milk Negara, Swasta, dan organisasi-organisasi terkait di dalam dan luar negeri,” tuturnya.

Sejak 2015, setiap Januari, LAPAN menyelenggarakan kegiatan serah terima data satelit penginderaan jauh kepada para pemangku kepentingan dan pengguna di lingkungan instansi pemerintah sebagai bentuk pelaksanaan distribusi data satelit penginderaan jauh yang tersedia di LAPAN.

Sesuai dengan tugas dan fungsinya sebagai penyelenggara kegiatan keantariksaan, LAPAN merintis Rakornas Citra Penginderaan Jauh sebagai salah satu implementasi Peraturan Pemerintah No. 11 Tahun 2018 tentang Tata Cara Penyelenggaraan Kegiatan Penginderaan Jauh. Sejumlah agenda dibahas dalam kegiatan ini, terutama pembahasan kebutuhan data dan informasi satelit inderaja 2019 bersama Kementerian/Lembaga, TNI, POLRI, dan Pemerintah Provinsi/Kabupaten/Kota.

Agenda itu untuk mencari solusi permasalahan dalam pemanfaatan data dan informasi satelit penginderaan jauh. Berdasarkan pengalaman tahun-tahun sebelumnya, masih sering terjadi pengajuan permintaan yang tidak dilakukan di awal tahun. Akibatnya, perencanaan penerimaan data melalui Stasiun Bumi Penginderaan Jauh LAPAN menjadi kurang efektif.

Hasil Rakornas ini akan dijadikan dasar perencanaan, kegiatan, dan anggaran penyediaan data dan informasi satelit penginderaan jauh terkait. Seluruh data yang diterima LAPAN berlisensi Pemerintah Indonesia, artinya seluruh instansi pemerintah dapat memperolehnya secara tidak berbayar.

Pada Rakornas ini dilaksanakan pemberian apresiasi “Indriya Mandrawa” kepada Kementerian/Lembaga, TNI, Pemerintah Provinsi, dan Pemerintah Kabupaten yang aktif memanfaatkan data dan informasi satelit penginderaan jauh selama periode 2018. Apresiasi ini untuk memacu penggunaan dan pemanfaatannya oleh seluruh instansi pemerintah.

Apresiasi “Indriya Mandrawa” diberikan kepada Deputi Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan (BNPB), Direktorat Inventarisasi dan Pemantauan Sumber Daya Hutan (KLHK), Pusat Data dan Sistem Informasi Pertanian (Kementan), Auditoriat Utama Keuangan Negara IV (BPK), Pusat Hidrografi dan Oseanografi Angkatan Laut (TNI-AL), Dinas Perikanan dan Kelautan Prov. Gorontalo, Bappeda Prov. Aceh ,Bappeda Prov. Jawa Barat, Bappeda Prov. Jawa Timur, Dinas Kelautan dan Perikanan Kab. Nias Utara, Dinas Perikanan dan Kelautan Kab. Indramayu, Dinas Penataan Ruang dan Pertanahan Kab. Sintang, dan Sekretariat Daerah Kab. Kayong Utara (Pemkab Kayong Utara)

LAPAN juga menyerahterimakan data satelit penginderaan jauh hasil akuisisi Stasiun Bumi Penginderaan Jauh LAPAN tahun 2018 (terbaru) kepada 21 Kementerian/Lembaga, TNI, POLRI, 34 Pemerintah Provinsi, dan 51 Pemerintah Kabupaten/Kota.















Sumber : http://technology-indonesia.com/ict/lapan-luncurkan-aplikasi-pemantau-indonesia/








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL