Kompetensi Utama

Layanan


LAPAN Sosialisasikan Program Keantariksaan di Tengah Masyarakat Cianjur
Penulis Berita : Humas/DH • Fotografer : Humas/DH • 05 Feb 2019 • Dibaca : 3972 x ,

Kepala Biro KSHU, Christianus R. Dewanto sedang memaparkan hasil litbangyasa LAPAN kepada masyarakat Cianjur pada kegiatan sosialisasi Senin (04/02) di Aula Serbaguna Assakinah Kecamatan Cianjur

Sesuai dengan amanat UU No. 21 Tahun 2013 tentang Keantariksaan, produk hasil litbangyasa keantariksaan harus dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat secara luas. Maka, Senin (04/02), LAPAN mengadakan kegiatan sosialisasi hasil litbangyasa kegiatan keantariksaan di Aula Gedung Serbaguna Assakinah Kecamatan Cianjur, Jawa Barat. Materi dipaparkan langsung Kepala Biro Kerja Sama, Hubungan Masyarakat, dan Umum, Christianus R. Dewanto.

Kegiatan tersebut dihadiri Anggota Komisi VII DPR RI, Joko Purwanto, serta perwakilan Kementerian Agama Kab. Cianjur.

Dalam sambutannya, Joko Purwanto menyampaikan, Lembaga Pemerintah Non Kementerian (LPNK), dalam hal ini LAPAN, merupakan salah satu bagian dari Mitra DPR RI. Menurutnya, LAPAN harus dapat memberikan andil nyata kepada masyarakat secara luas. "Harapannya, LPNK harus memberikan manfaat secara baik sehingga masyarakat dapat menerima informasi secara utuh. Jika diperlukan, masyarakat Cianjur dapat melakukan kunjungan ke fasilitas litbangyasa yang dimiliki LAPAN" ujarnya.

Selanjutnya, dalam sesi pemaparan materi, Christianus menyampaikan tugas, kedudukan, serta program kegiatan litbangyasa keantariksaan yang telah dikerjakan LAPAN. "LAPAN memiliki empat kompetensi yaitu sains antariksa dan atmosfer, teknologi keantariksaan, penginderaan jauh, serta kajian kebijakan penerbangan dan antariksa (KKPA)" paparnya.

Ia juga menjelaskan, LAPAN telah menghasilkan banyak produk litbangyasa yang kemanfaatannya telah dirasakan langsung oleh masyarakat. LAPAN telah memprakarsai UU No. 21 Tahun 2013 tentang keantariksaan dan PP No. 11 Tahun 2018 tentang penyelenggaraan kegiatan penginderaan jauh. Kemudian mengenai program pengembangan teknologi keantariksaan, LAPAN telah membuat tiga satelit eksperimen, pesawat transport N219, pesawat tanpa awak, serta teknologi roket sonda sebagai cikal bakal roket peluncur satelit.

Dalam hal kompetensi sains antariksa dan atmosfer, LAPAN tengah membangun observatorium nasional di Kupang dan sistem pendukung keputusan berbasis sains antariksa dan atmosfer. Terkait kompetensi penginderaan jauh, LAPAN telah berkerja sama dengan semua provinsi di Indonesia untuk menyediakan bank data penginderaan jauh nasional dan sistem pemantauan bumi nasional.

Semua produk tersebut dapat dimanfaatkan untuk menunjang berbagai sektor seperti pertahanan, kelautan dan perikanan, pembangunan wilayah, mitigasi bencana, perekonomian, termasuk pemantauan pertanian padi yang merupakan komoditas unggulan Kab. Cianjur. "Kami berharap dengan adanya DPR RI sebagai mitra LAPAN dapat mendukung kegiatan keantariksaan melalui peningkatan anggaran litbangyasa," imbuhnya saat menutup sesi pemaparan materi.

Acara yang dihadiri oleh 750 peserta dari Ikatan Guru Raudathul Atfhal (IGRA) Kab. Cianjur ini, diakhiri dengan sesi tanya jawab dan penyerahan citra satelit Kab. Cianjur oleh LAPAN kepada perwakilan IGRA.

Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan masyarakat dapat mengetahui secara detail serta meningkatkan minat masyarakat mengenai kegiatan keantariksaan.


Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL