Kompetensi Utama

Layanan


Joko Purwanto Prakarsai Sosialisasi Keantariksaan Citra Satelit
Penulis : Farhan Muhammad • Media : waktunews.com • 04 Feb 2019 • Dibaca : 2595 x ,

CIANJUR – Anggota Komisi VII DPR RI Joko Purwanto prakarsai Sosialisasi Keantariksaan bersama Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) RI yang dihadiri oleh ratusan guru serta pengawas dari Raudhatul Athfal se – Kabupaten Cianjur. (4/02.2019).

Politisi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) ini berharap, melalui sosialisasi keantariksaan bisa membuat banyak orang paham tentang tujuan pembangunan berkelanjutan. Khususnya, bidang keantariksaan yang dilakukan Lapan.

“Semoga saja, semua ini bisa diterima masyarakat luas,” ucapnya.

Menurut Joko Purwanto, Lapan ini bisa menyumbangkan berbagai macam data melalui citra satelit, atau penginderaan jarak jauh. Seperti misalnya potensi energi, potensi lahan sawah untuk ketahanan pangan, potensi ikan, bahkan citra satelit digunakan untuk penanganan bencana.

Bahkan, lanjut Joko, para nelayan di Indramayu sudah menggunakan hasil citra satelit dari LAPAN untuk menangkap ikan. Mereka tak kesulitan lagi mencari potensi ikan di laut dan tak hanya menangkap ikan di perairan Indramayu.

“Teknologi ini amat bermanfaat untuk kehidupan sehari – hari, dan bisa diterapkan di Cianjur. Dari sisni, masyarakat bisa memahami peranan penting keberadaan Lapan,” imbuhnya.

Kepala Biro Kerja Sama Humas dan Umum LAPAN  RI Christianusus Dewanto, mengatakan, kemudahan ini bisa juga digunakan oleh nelayan Cianjur asal mempunyai kapal yang besar. Pasalnya, potensi ikan hasil citra satelit Lapangan bisa dilakukan dalam jarak 12 mil dari garis pantai.

“Sistemnya tidak untuk nelayan kecil karena harus berlayar 12 mil dari garis pantai. Citra satelit ini intinya memudahkan nelayan menangkap ikan,” kata Christianus.

Ia memaparkan, citra satelit dispesifik lagi dengan alat sensor klorofil, plankton dan temperatur permukaan laut. Jika hasil dari tiga indikasi tersebut besar, maka besar pula kemungkinan keberadaan ikan di daerah tersebut.

“Seperti contoh nelayan Indramayu. Mereka tak melulu mencari ikan di perairan Utara, setelah diberi hasil citra satelit, banyak dari mereka yang pergi berlayar ke laut Hindia,” paparnya.

Ia menerangkan, informasi hasil citra satelit potensi keberadaan ikan dikirim ke setiap provinsi. Tinggal kabupaten/kota yang harus aktif bertanya kepada provinsi. Cianjur pun bisa, jika ingin kita bantu dorong untuk pemetaan potensi perikanan, potensi lahan sawah dan lain – lainnya.

“Tinggal komunikasi saja yang dijalin, karena kami pun sudah berkomunikasi aktif dengan 34 provinsi se – Indonesia termasuk dengan Pemprov Jabar,” pungkasnya. 


Sumber: http://waktunews.com/2019/02/04/joko-purwanto-prakarsai-sosialisasi-keantariksaan-citra-satelit/








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL