Kompetensi Utama

Layanan


Hasil Survei Kepuasan Masyarakat LAPAN Dalam Kategori Baik
Penulis Berita : Humas/AZ/SUR • Fotografer : Humas/RB • 06 Feb 2019 • Dibaca : 4404 x ,

LAPAN selenggarakan focus group discussion survei kepuasan masyarakat dan evaluasi roadmap pelayanan publik 2018 di Balai Pertemuan Dirgantara, Kantor LAPAN Pusat, Jakarta (06/02). Acara yang dibuka oleh Sekretaris Utama LAPAN, Prof Erna Sri Adiningsih ini dihadiri oleh para Kepala balai, Kabid diseminasi dan perwakilan satuan kerja lainnya di lingkungan LAPAN serta narasumber dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara (KemenPANRB) dan konsultan surveyor independent infinity cxt.

“Survei Kepuasan Masyarakat ( SKM ) merupakan tanggung jawab bersama seluruh satuan kerja LAPAN yang melakukan pelayanan publik dan FGD ini bertujuan untuk melakukan evaluasi atas hasil SKM 2018 dan roadmap pelayanan publik 2018”,ujar Kepala Biro Kerja Sama, Humas dan Umum, Ir.Christianus R Dewanto saat melaporkan kegiatan ini. Chris berharap dengan adanya kegiatan ini akan tersusunnya rencana aksi pelayanan publik di tahun 2019 dengan baik.

Prof Erna dalam arahannya mengatakan bahwa “IKM / SKM merupakan nilai kuantitatif atas pelayanan publik di LAPAN, sebagai lembaga yang diamanatkan oleh UU No. 21 Tahun 2013 tentang keantariksaan LAPAN harus memberikan layanan sebaik mungkin kepada masyarakat dan perlu adanya inovasi dalam rangka meningkatkan pelayanan publik”, jelasnya. Lebih lanjut Prof Erna juga menegaskan agar satuan kerja LAPAN yang memberikan pelayanan publik perlu melakukan tindak lanjut dari hasil prioritas perbaikan berdasarkan hasil SKM.

Dalam FGD ini juga menghadirkan narasumber dari KemenPANRB, Jeffrey Erlan Muller, S.H selaku asisten Deputi Koordinasi Pelaksanaan, Kebijakan, dan Evaluasi Pelayanan Publik wilayah II yang memaparkan mengenai perlunya dilakukan analisIs masing-masing unsur SKM menggunakan analisa univariat dan bivariat. “Analisis dengan cara seperti ini akan melihat adanya keterkaitan antara unsur-unsur yang ada dalam kuesioner sehingga tidak hanya berupa indeks/angka tapi juga secara kualitatif”, ujar Jeffrey.

Pada Tahun 2018 lalu terdapat 16 satuan kerja di lingkungan LAPAN yang dilakukan survei, berdasarkan hasil survei kepuasan masyarakat yang dilakukan oleh surveyor independent Infinity CXT, LAPAN mendapatkan nilai SKM 84,19 dan berdasarkan PermenPAN No.14 Tahun 2017 tentang Pedoman Penyusunan Survei Kepuasan Masyarakat Unit Penyelenggara Pelayanan Publik menempatkan LAPAN dalam Kategori Baik. Perilaku pelaksana menjadi kontribusi paling tinggi dan waktu penyelesaian menjadi kontribusi paling rendah.

Setelah mendapatkan pemaparan hasil SKM ini, FGD dilanjutkan dengan sesi diskusi, tanya jawab dan penyusunan rencana aksi dan tindak lajut dari hasil SKM LAPAN. Keterlibatan masyarakat dalam mendapatkan pelayanan dan memanfaatkan hasil litbang LAPAN menjadi prioritas penting dalam pelayanan publik. Pemerintah saat ini harus berjalan seiring dengan kehendak publik sehingga kepuasan pengguna atas layanan yang diberikan menjadi lebih optimal.


Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL