Kompetensi Utama

Layanan


Peneliti LAPAN Sebut Indonesia Belum Memiliki Peta Kualitas Langit
Penulis : Endra Kurniawan • Media : malangtoday.net • 22 Feb 2019 • Dibaca : 2410 x ,

MALANGTODAY.NET – Peneliti LAPAN Drs. Agustinus Gunawan Admiranto menyatakan sejauh ini peta kualitas langit untuk Indonesia masih didapatkan dari citra satelit. Sayangnya, citra satelit tersebut tidak memberikan resolusi yang cukup tinggi. Sebagai contoh, dalam citra satelit tersebut nampak Pulau Jawa terang seluruhnya. Padahal kenyataannya tidak demikian. Berdasarkan pengamatan yang telah dilakukan, ada beberapa daerah di Pulau Jawa yang masih tergolong gelap.

“Kalau kita lihat peta kualitas langit malam yang ada di sekitar Indonesia (dari citra satelit),  seolah-olah kita melihat Jawa terang seluruhnya. Padahal dari pengamatan kita mendapatkan bahwa ada titik-titik yang cukup gelap,” ujar pria yang akrab disapa Gunawan ini dalam Focus Group Discussion (FGD) Pemetaan Polusi Cahaya di Indonesia yang digelar di Pussainsa LAPAN Bandung, Kamis (21/2/2019).

Perlu diketahui, dalam peta kualitas langit terdapat beberapa indikator yang digunakan sebagai acuan untuk memastikan apakah suatu daerah tersebut terdampak polusi cahaya atau tidak. Mudahnya, semakin terang suatu daerah dalam peta tersebut, maka tempat tersebut berarti mengalami polusi cahaya. Begitu juga jika suatu daerah tersebut nampak gelap, maka dapat dikatan daerah tersebut masih minim dari polusi cahaya.

“Untuk itu kita melihat urgensi dari pemetaan-pemetaan di setiap titik agar bisa dilakukan pemetaan serupa dengan resolusi yang lebih tinggi,” ungkap penulis buku Menjelajahi Tata Surya ini. Upaya-upaya merintis pemetaan kualitas langit malam ini guna melengkapi peta kualitas langit untuk seluruh Indonesia. Salah satu tujuan dari adanya peta ini yaitu untuk mengetahui daerah yang masih memiliki potensi keindahan langit malam yang bagus. “Belum terdapat adanya peta seperti ini yang kita dapatkan untuk seluruh wilayah Indonesia,” tutur alumnus ITB ini.

Dengan begitu, Indonesia akan memiliki ragam pariwisata baru yaitu astrotourism. Di negara-negara lain, astrotourism sudah digencarkan. Salah satunya seperti Islandia dengan fenomena aurora yang nampak disana. Untuk mengatasi hal ini, LAPAN sudah melakukan pemetaan kualitas langit di beberapa balainya antara lain LAPAN Biak, LAPAN Parepare, LAPAN Pontianak, LAPAN Kototabang, LAPAN Pasuruan, LAPAN Garut, LAPAN Bandung. (AL)





sumber : https://malangtoday.net/flash/bandung/indonesia-belum-memiliki-peta-kualitas-langit/








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL