Kompetensi Utama

Layanan


Para Santri Dikenalkan Antariksa
Penulis : Penulis:Fahmi de Musfa, Editor:Wandi, Penanggung jawab:SA Lingga • Media : kalselpos.com • 05 Mar 2019 • Dibaca : 4242 x ,

MARTAPURA, Kalselpos.com – Dinas pendidikan Kabupaten Banjar bekerjasama dengan lembaga penerbangan dan antariksa Nasional (LAPAN) menyelenggarakan kegiatan sosialisasi keantariksaan yang diikuti pelajar maupun santri tingkat SLTA.

Acara kegiatan sosialisasi tersebut dibuka Bupati Banjar yang diwakilkan kepala bapedalitbang Kabupaten Banjar, Galuh Tantri Narindra yang bertempat di guest house Sultan Sulaiman, Martapura, Selasa (5/3) pagi.

Bupati Banjar dalam hal ini diwakili Kepala Bapedalitbang tersebut menyampaikan Pemerintah Kabupaten Banjar menyambut baik kegiatan dari lembaga penerbangan dan antariksa Nasional tersebut.

“Mungkin banyak yang tidak mengetahui tentang Lapan ini, sebuah lembaga non kementerian yang dia bergerak dalam penelitian dan pengembangan terkait tentang keantariksaan,” katanya.

Ia juga menjelaskan kepada peserta sosialisasi bahwa banyak hal yang sudah dilakukan oleh Lapan, diantaranya dalam hal pelaksanaan pembangunan di Kabupaten Banjar, bisa terkait pemetaan rencana tata ruang kemudian pajak bumi dan bangunan, cakupan pertanian atau zona penangkapan ikan, yang sebagian besar tidak mengetahui sebenarnya itu telah dilaksanakan oleh Lapan.

“Dan masalah data-datanya itu kita dari pemerintah daerah meminta kepada Lapan melalui penginderaan jauh, cipta satelit dan sebagainya. dan mereka sangat support terhadap pembangunan di kabupaten Banjar,” terangnya.

Disampaikannya, mereka akan mensosialisasikan tentang rencana induk keantariksaan sampai beberapa tahun kedepan, jadi mereka menyampaikan bahwa ada kegiatan A sampai Z yang dilakukan Lapan dan pastinya pemberian informasi, sehingga nanti kalau kita ada informasi-informasi yang kita butuhkan terkait kewenangan dari Lapan.

“Kita bisa langsung connect, bisa menyampaikan mungkin apa saja permasalahan yang ada di kabupaten Banjar, sebagai contoh misalkan, mana-mana saja kawasan rawan bencana, dan mungkin bisa di eksplore lebih lanjut dari pihak pemerintah kabupaten Banjar,” tambahnya.



Dia juga berharap sosialisasi tersebut menjadikan pelajar bisa mengenal jauh tentang hubungan antariksa melalui Lapan yang akan disampaikan.

“Dengan peserta dari pelajat tingkat SLTA yang ada di Kabupaten Banjar, mereka adalah calon pemimpin kita, mudah-mudahan mereka bisa meningkatkan pengetahuan nya dari sosialisasi kolaborasi ini, dan menambah wawasan mereka lebih jauh tentang ilmu antariksa,” katanya.

Ketua DPRD Kabupaten Banjar, H Rusli yang turut hadir di acara tersebut menyampaikan rasa bangga kepada peserta atas antusiasnya mengikuti sosialisasi keantariksaan ini.



“Saya sebagai Ketua DPRD Kabupaten Banjar menyambut sangat positif kegiatan ini, terlebih ini diikuti oleh para santri, dengan harapan melalui sosialisasi ini bisa memberikan pengetahuan yang lebih cerah lagi mengenai antariksa,” katanya.

Disampaikannya, melalui sosialisasi ini memberikan tujuan, arahan, dan bakat anak-anak SMA ataupun santri untuk lebih mengarahkan minatnya pada ilmu antariksa untuk bekal setelah lulus dari sekolah nanti, melanjutkan ke perguruan tinggi.

pada kegiatan sosialisasi antariksa tersebut diisi oleh narasumber Kepala Biro Perencanaan dan Keuangan LAPAN, Henny Setyaningsih yang bertema Sosialisasi Antariksa Hasil Produk Lapan.







sumber : https://kalselpos.com/2019/03/para-santri-dikenalkan-antariksa/








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL