Kompetensi Utama

Layanan


Badai Matahari Tak Perlu Dikhawatirkan
Penulis : Dewiyatini • Media : pikiran-rakyat.com • 14 Mar 2019 • Dibaca : 3582 x ,

BANDUNG,(PR).- Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) memprediksi tidak akan ada badai matahari pada Jumat, 15 Maret 2019. Tim Peneliti LAPAN menyebutkan hingga 24 jam ke depan, matahari diprediksi dalam kondisi tenang (quiet).

Peneliti Pusat Sains Antariksa yang termasuk dalam tim pakar LAPAN, Timbul Manik mengatakan aktivitas matahari berada dalam kondisi tenang. Menurut Manik, tidak ada peristiwa flare, semburan radio matahari, maupun CME yang signifikan yang terdeteksi dalam 24 jam terakhir.

"Saya kira tidak perlu mengkhawatirkan adanya kelumpuhan sinyal ponsel, GPS, dan TV digital akibat badai matahari," ujar Manik pada Kamis 14 Maret 2019.

Sebelumnya, lembaga layanan cuaca Inggris Met Office menyebutkan akan terjadi badai matahari. Badai matahari merupakan sebutan atas terjadinya ledakan besar sinar kosmik dari matahari menuju bumi.

Fenomena tersebut merupakan hasil dari lubang berbentuk ngarai di atmosfer atas matahari. Celah panjang dan sempit di atmosfer matahari, yang dikenal sebagai lubang koronal, melepaskan rentetan sinar kosmik. Pakar peramalan cuaca luar angkasa memperkirakan badai matahari akan mencapai Bumi, terutama pada Jumat, 15 Maret 2019.

Laman web Space Weather menyatakan bahwa lubang berbentuk ngarai di atmosfer Matahari tersebut akan menghadap Bumi, dan itu memuntahkan aliran angin matahari ke arah Bumi.

Fenomena yang juga disebut badai geomagnetik minor G1 ini tidak berbahaya. Pasalnya, medan magnet Bumi melindungi manusia dari rentetan radiasi. Tapi badai Matahari dapat mempengaruhi teknologi berbasis satelit. Angin Matahari dapat memanaskan atmosfer luar Bumi, yang menyebabkannya mengembang. Ini juga dapat mempengaruhi satelit di orbit, berpotensi menyebabkan kurangnya navigasi GPS, sinyal ponsel, dan TV satelit.***






Sumber : https://www.pikiran-rakyat.com/nasional/2019/03/14/badai-matahari-tak-perlu-dikhawatirkan








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL