Kompetensi Utama

Layanan


Citra Satelit LAPAN Dukung BRG Rawat Lahan Gambut
Penulis : Unggul Wirawan / WIR • Media : beritasatu.com • 18 Mar 2019 • Dibaca : 2873 x ,

Jakarta, Beritasatu.com- Badan Restorasi Gambut (BRG) dan Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) melakukan kerja sama sinergis untuk mendukung restorasi ekosistem gambut di Indonesia. Teknologi pengindraan jarah jauh LAPAN akan membantu BRG untuk restorasi gambut di tujuh provinsi yang menjadi target.

Acara penandatanganan kerja sama BRG dan LAPAN dilakukan oleh Kepala BRG Nazir Foead dan Kepala LAPAN Thomas Djamaluddin di Jakarta, Senin (18/3). Nota yang belaku hingga 31 Desember 2020 ini akan menjadi pedoman bagi BRG dan LAPAN untuk melaksanakan kegiatan restorasi gambut dalam perencanaan, monitoring, penelitian dan pengembangan terkait restorasi ekosistem gambut.

“Kerja sama dengan LAPAN ini, saya yakin akan berkontribusi sangat penting untuk efektivitas dan efisiensi. Saat ini, kami ingin tahu dampak kebasahan lahan gambut dari tahun ke tahun dan tentunya kami ingin kebasahannya meningkat. Dengan program pemantauan berbasis citra satelit, semua itu bis aterjawab dab menjadi bahan evaluasi kami,” papar Nazir Foead.

Nazir menambahkan BRG melibatkan dua kedeputian yakni Kedeputian Bidang Perencanaan dan Kerja Sama serta Kedeputian Penelitian dan Pengembangan. Diharapkan, pelaksanaan restorasi dapat ditingkatkan dengan adanya penyediaan data-data dan informasi pengindraan jauh yang frekuensi perolehan dan jenisnya beragam.

Sementara itu, Kepala LAPAN Thomas Djamaluddin mengatakan Kebakaran hutan harus bisa dicegah, terutama pada lahan gambut. Dampak asap kebakaran lahan gambut sangat luar biasa dan upaya pemadamannya memakan waktu lama.

“Kami bisa tampilkan titik-titik panas yang dapat menjadi perhatian lebih pada daerah yang merupakan lahan gambut dan berpotensi memicu kebakaran hutan. Tapi
kami juga ingin beri kontribusi dengan lebih luas lagi dan bukan hanya menampilan titik panas. Tapi kami ingin memberi informasi lebih bagi upaya restorasi lahan gambut yang menjadi prioritas pemerintah saat ini,” paparnya.

Meskipun demikian, kata Thomas, teknologi pengindraan jarak jauh punya keterbatasan. Teknologi ini masih terbatas untuk memantau kondisi pada permukaan tanah, dan belum bisa memberi informasi di bagian bawah. Oleh karena itu, pemantauan lahan gambut juga masih perlu dukungan monitoring di lapangan.

“Untuk memantau indikasi kebasahan lahan gambut, sedapat mungkin juga dilakukan LAPAN dengan kerja sama BRG dalam mengembangkan teknik-teknik pengindraan jarak jauh. Lahan gambut merupakan sumber daya alam yang luar biasa untuk menjaga kondisi lingkungan yang rentan rusak akibat manusia. Kita bisa memantau dan menjaganya dan memberi arah bagi pemanfaatan lahan gambut secara baik,” tambahnya.





sumber : https://www.beritasatu.com/nasional/543714/citra-satelit-lapan-dukung-brg-rawat-lahan-gambut








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL