Kompetensi Utama

Layanan


PPID Utama LAPAN Selenggarakan Bimtek Peningkatan Pelayanan Publik dan SINOVIK
Penulis Berita : humas/zk • Fotografer : humas/rz • 21 Mar 2019 • Dibaca : 4137 x ,

PPID Utama LAPAN Pusat setiap tahun menyelenggarakan kegiatan Monitoring dan Evaluasi PPID Pelaksana di lingkungan satuan kerja LAPAN. Seperti tahun-tahun sebelumnya, kegiatan PPID tahun ini membahas Strategi Peningkatan Pelayanan Publik, Bimtek Pemeringkatan PPID Pelaksana dan Sistem Informasi Inovasi Pelayanan Publik (SINOVIK). Kegiatan yang diselenggarakan di Ruang Rapat Pusat Sains dan Teknologi Atmosfer (PSTA) dari tanggal 21- 22 Maret ini dihadiri oleh PPID pelaksana seluruh satuan kerja LAPAN sebanyak 41 orang pejabat pengelola informasi dan dokumentasi pelaksana dari 21 satuan kerja LAPAN. 

Secara resmi kegiatan PPID ini dibuka oleh Kepala LAPAN Prof Thomas Djamaluddin dan dalam arahannya mengatakan “Bahwa acara Sosialisasi Peningkatan Pelayanan Publik, Bimtek dan SINOVIK sangat penting sekali, karena terkait dengan pelaksanaan Reformasi Birokrasi di LAPAN. Dengan meningkatnya kualitas pelayanan publik yang diberikan secara langsung dapat meningkat pula tunjangan kinerja karyawan di LAPAN”, ujarnya. Lebih lanjut ia menjelaskan mengenai fungsi humas lebih kepada promosi organisasi agar LAPAN lebih dikenal publik sedangkan PPID lebih berorientasi kepada pelayanan kebutuhan informasi dan juga sebagai juru bicara publik. 

Di samping itu, Prof Thomas juga memaparkan mengenai visi LAPAN yang tidak lagi sebagai Pusat Unggulan karena target yang direncanakan dari 7 pusat unggulan sudah tercapai 5 pusat unggulan yang ada di LAPAN. “ Visi selanjutnya dalam 5 tahun ke depan (2020-2025) adalah Sebagai Penggerak Sektor Pembangunan Nasional Berbasis IPTEK Penerbangan dan Antariksa Untuk Mewujudkan Indonesia Yang Maju Dan Mandiri. Visi tersebut perlu didukung dengan budaya nilai kerja BAIIK (Berorientasi kepada pelayanan publik, Akuntabel, Innovatif, Integritas dan Kolaboratif)”, tutur Prof. Thomas.

Kepala LAPAN ini juga berharap agar PPID LAPAN harus proaktif menyampaikan informasi kepada publik seperti informasi tentang program LAPAN, Renstra, Renduk dan laporan tahunan sehingga masyarakat dapat ikut mengontrol kegiatan yang telah LAPAN lakukan selama ini.

Sementara itu, Kepala Biro KSHU Chrisdewanto memaparkan capaian pemeringkatan badan publik PPID LAPAN oleh KIP mulai tahun 2014 yang baru mampu masuk peringkat 40 , tahun 2015 peringkat 3, tahun 2016 peringkat 8 dan tahun 2017 peringkat 2 serta tahun 2018 PPID LAPAN mendapatkan predikat badan publik terinformatif. “Selanjutnya program kerja PPID tahun 2019 ini akan dilakukan resertifikasi ISO 9001:2015, e-Publishing untuk mendukung ketebukaan informasi dan pembuatan sosial media khusus PPID”, jelas Chris.

Ia juga menghimbau kepada ULP LAPAN untuk mendukung pencapaian reformasi birokrasi agar setiap rekanan yang ikut lelang dapat mengisi survey persepsi korupsi sehingga indeks persepsi koruspi LAPAN memiliki nilai yang baik.

Dalam acara ini juga menghadirkan narasumber yakni Kassubag Penyusunan Rancangan Peraturan Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika Kominfo, Denden Imaduduin yang membahas mengenai penting memahami UU ITE yang sangat berkaitan erat dengan pelayanan public dari aspek hukum yang berlaku di Indonesia. Selain itu, Kabag Humas LAPAN, Jasyanto memaparkan evaluasi dari rencana aksi kegiatan pada tahun 2018 dan hasil yang telah dicapai oleh PPID Pelaksana. “Komitmen dari PPID satuan kerja di lingkungan LAPAN diperlukan agar pelaksanaan pelayanan publik di LAPAN sesuai dengan yang telah disepakati dan ditetapkan”, jelas Jasyanto. Usai mendapatkan pemaparan para peserta juga diberikan pembekalan materi bimtek pemeringkatan PPID Pelaksana .

Di hari kedua para peserta kegiatan ini akan diberikan materi mengenai kebijakan keterbukaan informasi publik di era digital oleh Wakil ketua KIP, Hendra J. Kede dan strategi Peningkatan Public dan Sistem Informasi Pelayanan Publik (SINOVIK) oleh Kepala Subbag Analisis Kebijakan Pelayanan Publik, Lies Woro Susanti.


Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
PPID Utama LAPAN Selenggarakan Bimtek Peningkatan Pelayanan Publik dan SINOVIK
21 Mar 2019
PPID Utama LAPAN Pusat setiap tahun menyelenggarakan kegiatan Monitoring dan Evaluasi PPID Pelaksana di lingkungan satuan kerja LAPAN. Seperti tahun-tahun sebelumnya, kegiatan PPID tahun ini membahas Strategi Peningkatan…
55 Tahun LAPAN Menggapai Kemandirian Bangsa Di Bidang Teknologi Penerbangan Dan Antariksa
27 Nov 2018
LAPAN selenggarakan sosialisasi rencana induk keantariksaan 2016-2040 di Balai Pengamatan Antariksa dan Atmosfer, Sumedang, Jawa Barat (27/11). Kegiatan ini merupakan rangkaian dari acara HUT LAPAN ke 55 dan…
LAPAN Raih Predikat Sebagai Badan Publik Informatif
05 Nov 2018
Senin (05/11), telah diselenggarakan seremoni penganugerahan Keterbukaan Informasi Badan Publik 2018 di Istana Wakil Presiden RI, Jakarta. Anugerah ini diberikan kepada instansi dengan tujuan untuk memotivasi PPID Pelaksana agar…
LAPAN Tingkatkan Layanan Informasi Publik melalui Pemeringkatan
19 Jul 2018
Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) adalah pejabat yang bertanggung jawab di bidang pencarian, pendokumentasian, penyediaan, dan pelayanan…
LAPAN Siap Memberikan Layanan Prima kepada Masyarakat
24 Feb 2018
LAPAN bertekad untuk unggul dalam layanan publik. Hal ini kemudian menjadi quick wins LAPAN pada tahun ini selain meningkatkan kompetensi. Hal tersebut disampaikan oleh Kepala LAPAN, Prof. Dr.…
Kepala LAPAN Lantik Sekretaris Utama dan Fungsional Utama
19 Feb 2018
Kepala LAPAN, Prof. Dr. Thomas Djamaluddin, melantik sekretaris utama LAPAN, Prof. Dr. Erna Sri Adiningsih. Selain itu, ia juga melantik pejabat fungsional arsiparis utama, I.L. Arisdiyo. Pelantikan berlangsung…
LAPAN Raih Juara 2 Pemeringkatan Keterbukaan Informasi Publik 2017
21 Dec 2017
Kamis (21/12), Kepala LAPAN, Prof. Dr. Thomas Djamaluddin menyambut jabat tangan Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla atas anugerah Pemeringkatan Keterbukaan Informasi Publik 2017. LAPAN menyabet Juara 2 untuk kategori…
PPID LAPAN Ingin Wujudkan Pelayanan Informasi yang Cepat dan Tepat
02 Mar 2017
Kamis (02/03), LAPAN menyelenggarakan sosialisasi program kerja Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) dan ISO 9001:2015 di Auditorium Kantor LAPAN Bandung, Jawa Barat. Kegiatan yang berlangsung selama dua hari ini…
PPID LAPAN Memberikan Informasi Terbaik, Cepat dan Akurat
10 Feb 2017
“Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) LAPAN mendorong tata kelola informasi yang diterima masyarakat menjadi cepat dan akurat.”…
Sekretaris Utama Paparkan Evaluasi Akuntabilitas Kinerja dan Reformasi Birokrasi LAPAN
19 Dec 2016
LAPAN menyelenggarakan bimbingan teknis quantum excellent pada Senin (19/12) di Balai Pertemuan Dirgantara Kantor Pusat LAPAN, Jakarta. Dalam kesempatan…
Menjawab Tantangan Pelayanan Publik, LAPAN Gelar Workshop Strategi Pelayanan Informasi
11 Sep 2015
Sebagai lembaga negara, LAPAN memiliki kewajiban untuk membuka akses informasi kepada publik. Hal ini sesuai dengan amanat Undang Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik (UU KIP), bahwa…
SK Kepala No.21 Tahun 2011 tentang Penetapan PPID Utama di Lingkungan Lapan
02 May 2014
Surat Keputusan tentang Penetapan PPID Utama di Lingkungan Lapan ini dalam proses Revisi dikarenakan adanya Rotasi Jabatan Struktural.

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL