Kompetensi Utama

Layanan


Penjelasan LAPAN Soal Foto Lubang Hitam
Penulis : Rep: Inas Widyanuratikah/ Red: Ani Nursalikah • Media : republika.co.id • 12 Apr 2019 • Dibaca : 367 x ,

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) menjelaskan soal gambar black hole atau lubang hitam yang beredar di media. Kepala Lapan, Thomas Djamaluddin mengatakan ini adalah penemuan yang luar biasa dan pertama kalinya dilakukan.
"Sesungguhnya lubang hitam tidak bisa terlihat secara langsung karena dia tidak memancarkan cahaya," kata Thomas pada Republika.co.id, Kamis (11/4).

Thomas mengatakan, sebenarnya gambar yang beredar di media bukanlah lubang hitam yang sesungguhnya. Ia mengungkapkan, foto tersebut adalah siluet lubang hitam dengan latar belakang yang sangat terang.

Ia menjelaskan, teknik yang digunakan oleh ilmuwan untuk memotret lubang hitam adalah dengan mengambil foto lubang hitam yang lokasinya di hadapan objek sangat terang. Ukuran lubang hitam yang sangat-sangat kecil di lihat dari bumi, maka digunakan jejaring beberapa teleskop yang kemudian digabungkan datanya.

"Seolah menggunakan teleskop sebesar bentangan bumi," kata dia.



Selama ini, keberadaan lubang hitam hanya diketahui secara tidak langsung dari pancaran sinar-X. Manusia tidak pernah benar-benar melihat lubang hitam tersebut. Keberadaan lubang hitam terdeteksi karena ada bintang pasangan lubang hitam yang sedang disedot materinya.

Ia menjelaskan lubang hitam adalah objek antariksa yang luar biasa masif. Lubang hitam juga memiliki gaya gravitasi ekstrem yang bisa menarik semua objek di sekitarnya.

"(Lubang hitam) adalah objek dengan gaya gravitasi ekstrem sehingga semua objek diserapnya, termasuk cahaya yang melintas di dekatnya," kata dia.





sumber : https://trendtek.republika.co.id/berita/trendtek/sains-trendtek/ppt57k366/penjelasan-lapan-soal-foto-lubang-hitam








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL