Kompetensi Utama

Layanan


Pustakawan Siap Jawab Tantangan di Era Revolusi Industri 4.0
Penulis Berita : humas/rz • Fotografer : humas/rz • 22 Apr 2019 • Dibaca : 2005 x ,

Prof Erna Saat memberikan arahannya.

“Pustakawan atau pengelola perpustakaan haruslah dinamis dan proaktif dalam merespon perkembangan teknologi digital saat ini, era revolusi industry 4.0 merupakan faktor pendorong bagi para pustakawan untuk semakin produktif menciptakan inovasi dan kreativitas terutama dalam membantu kegiatan litbang yang unggul dan berkualitas”, ujar Prof Erna Sri Adiningsih saat membuka kegiatan Seminar dan Knowledge Sharing Kepustakawanan, Senin (22/04). Acara yang dihadiri oleh berbagai perwakilan pustakawan dari LPNK Ristek dan beberapa perguruan tinggi ini bertempat di Auditorium lantai 2, Pusfatja, Jakarta dan bertajuk “Membangun Perpustakaan Dinamis di Era Dgital”.

Prof Erna juga dalam arahannya mengingatkan pentingnya peran pustakawan di lembaga litbang untuk melakukan literature review dan membuat rangkuman koleksi digital literature sehingga ini akan membantu para peneliti dan perekayasa dalam menerbitkan publikasi-publikasi ilmiahnya. Ia juga berharap dengan adanya kegiatan seminar ini para pustakawan dapat menggali informasi lebih banyak dalam membangun perpustakaan dinamis di era digital sehingga akan mampu menjawab tantangan di era revolusi industry 4.0.

Sementara itu, Kepala Bagian Humas, Jasyanto saat memaparkan mengenai kondisi perpustakaan di LAPAN mengatakan “bahwa saat ini ruang perpustakaan di Kantor LAPAN Pusat  beralih fungsi menjadi ruang repository hasil litbang, ruang ini menyimpan berbagai karya publikasi ilmiah maupun non ilmiah seperti, jurnal, prosiding, majalah, bulletin dan karya tulis lainnya”.

Selanjutnya, Minanuddin, M.Hum selaku koordinator forum ini juga  mengapresiasi LAPAN sebagai tuan rumah penyelenggaraan kegiatan ini, ia  menjelaskan bahwa forum ini merupakan wadah bagi para pustakawan di lingkugan LPNK Ristek untuk berbagai informasi terbaru mengenai dunia perpustakaan dan sebagai upaya untuk pustakawan dalam memaparkan ide dan gagasannya.

Forum ini turut mengundang narasumber Dr. Joko Santoso, M.Hum, selaku Kepala Biro Hukum dan Perencanaan dari Perpustakaan Nasional yang memaparkan mengenai “Kebijakan Nasional Dalam Membangun Perpustakaan Dinamis Di Era Digital” dalam pemaparannya ia mengingatkan Pasal 3  UU 43 Tahun 2007 dimana perpustakaan berfungsi sebagai wahana pendidikan, penelitian, pelestarian,informasi, dan rekreasi untuk meningkatkan kecerdasaan dan keberdayaan bangsa.

Lebih lanjut ia menjabarkan mengenai 3 transformasi peran perpustakaan yakni  pusat ilmu pengetahuan (Inovasi) yaitu perpustakaan berbasis inklusi sosial sebagai pusat ilmu pengetahuan menjadikan perpustakaan wahana pembelajaran sepanjang hayat melahirkan berbagai inovasi dan kreatifitas masyarakat. Transformasi berikutnya perpustakaan sebagai pusat kegiatan masyarakat yaitu  perpustakaan berbasis inklusi sosial sebagai pusat kegiatan pemberdayaan masyarakat yang berkomitmen pada peningkatan kualitas hidup dan kesejahteraan masyarakat dan yang terakhir Transformasi perpustakaan berbasis inklusi sosial sebagai pusat kebudayaan melalui pelestarian dan pemajuan khazanah budaya bangsa secara berkelanjutan untuk pemberdayaan masyarakat.

Hadir dalam acara ini juga Ida Fajar Priyanto, Ph.D, pakar ilmu perpustakaan dan informasi dari UGM yang memberikan materi mengenai dinamisme perpustakaan di era revolusi industry 4.0. Ida Fajar mengajak para pustakawan untuk memperluas /  meningkatkan pengetahuannya terutama yang berkaitan dengan ketrampilan dan membiasakan diri untuk responsive terhadap teknologi informasi. Tidak hanya itu, perpustakaan saat ini haruslah berbasis aplikasi mobile first dan menjadikan profesi pustakawan  sebagai gaya hidup dengan penampilannya yang menarik.

Acara ini kemudian dilanjutkan dengan presentasi yang disajikan oleh para pemakalah yang berasal dari LAPAN, BSN,BATAN,LIPI, BSN dan Perpustakaan Nasional serta diskusi tanya jawab seputar perkembangan perpustakaan di Indonesia.




Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
LAPAN Host Rapat Kerja Perpustakaan se-LPNK Ristekdikti
20 Feb 2019
LAPAN menjadi host dalam rapat kerja perpustakaan se-LPNK Kementerian Riset dan Pendidikan Tinggi (Ristekdikti) di Ruang Antariksa, Kantor LAPAN Pusat, Rabu (20/02). Acara ini dibuka oleh Kepala Biro…

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL