Kompetensi Utama

Layanan


Pelantikan Pengurus Himpunan Perekayasa Indonesia (Himperindo) Cabang LAPAN
Penulis Berita : humas/sgd • Fotografer : humas/sgd • 25 Apr 2019 • Dibaca : 2426 x ,

Kepala LAPAN, Prof. Thomas Djamaluddin memberikan sambutan usai pelantikan.

Bertempat di Ruang Antariksa, Kantor LAPAN Pusat, Jakarta (25/04), Ketua Umum Himperindo (Himpunan Perekayasa Indonesia), Prof. I Nyoman Jujur lantik pengurus Himperindo cabang LAPAN yang diketuai oleh Deputi Bidang Sains Antariksa dan Atmosfer, Afif Budiyono. “Untuk mencapai target produk perekayasaan litbang penerbangan dan antariksa diharapkan para peneliti juga terlibat dalam struktur tim perekayasa,” ujar Kepala LAPAN, Prof. Dr. Thomas Djamaluddin.

LAPAN pada tahun ini akan memiliki 7 pusat teknis yang menjadi pusat unggulan iptek, hal ini sejalan dengan visi LAPAN sebagai pusat unggulan di bidang penerbangan dan antariksa. Untuk mewujudkannya, perekayasa dituntut tidak hanya menguasai teknologi namun juga memahami Hak Kekayaan Intelektual (HKI), publikasi, dan layanan diseminasi. Thomas menjelaskan, “saat ini jumlah jabatan fungsional perekayasa terbanyak nomer 2 setelah peneliti. LAPAN akan terus melakukan coaching clinic untuk memberikan pengetahuan tambahan yang diperlukan bagi pejabat fungsional perekayasa,” jelasnya.

Lebih lanjut Kepala LAPAN mengutarakan persiapan bandar antariksa dan kegiatan komersil produk kerekayasaan harus mampu dihilirisasi. Menurutnya, semakin banyak produk litbang yang dihilirisasi akan semakin banyak inovasi dan materi komersil yang dihasilkan guna meningkatkan pertumbuhan ekonomi di Indonesia.

Sementara itu, Ketua Umum Himperindo menjelaskan PP No.11 Tahun 2017, bahwa setiap pejabat fungsional harus menjadi anggota dari organisasi profesi. Organisasi profesi tersebut mempunyai tugas untuk menyusun kode, kode perilaku profesi, organisasi, memberikan advokasi, serta memeriksa dan memberikan rekomendasi atas pelanggaran kode etik dan kode perilaku profesi.

LAPAN menduduki peringkat nomer 4 setelah Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), dan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), dalam hal jumlah jabatan fungsional perekayasa. Nyoman berharap agar seluruh perekayasa meningkatkan komunikasi antar kompetensi dan saling mendukung kegiatan, sehingga tidak ada dulikasi dan meningkatnya inovasi hasil litbang.


Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
Pelantikan Pengurus Himpunan Perekayasa Indonesia (Himperindo) Cabang LAPAN
25 Apr 2019
Bertempat di Ruang Antariksa, Kantor LAPAN Pusat, Jakarta (25/04), Ketua Umum Himperindo (Himpunan Perekayasa Indonesia), Prof. I Nyoman Jujur lantik pengurus Himperindo cabang LAPAN yang diketuai oleh Deputi Bidang Sains…
LAPAN Tingkatkan Kualitas Penulisan untuk Capai Jurnal Internasional
02 May 2018
Publikasi karya tulis ilmiah (KTI) merupakan bagian penting bagi lembaga litbang, termasuk LAPAN. Salah satu indikator produktivitas suatu…

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL