Kompetensi Utama

Layanan


Sidang Isbat Kemenag: Besok 1 Ramadan
Penulis : Irfan Ma'ruf • Media : inews.id • 05 May 2019 • Dibaca : 839 x ,

JAKARTA, iNews.id – Sidang isbat yang digelar Kementerian Agama (Kemenag) menetapkan 1 Ramadhan 1440 jatuh pada Senin (6/5/2019). Dengan begitu, malam ini umat Islam di Tanah Air dianjurkan untuk melaksanakan Salat Tarawih pertama.

“1 Ramadan 1440 Hijriah jatuh pada esok hari, Senin tanggal 6 Mei 2019,” ucap Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin di Auditorium HM Rasjidi, Kantor Kementerian Agama (Kemenag), Jalan MH Thamrin, Jakarta, Senin (6/5/2019) malam.

Hasil sidang isbat Kemenag tidak berbeda dengan hasil hisab wujudul hilal oleh Majelis Tarjih PP Muhammadiyah yang telah lebih dulu menetapkan 1 Ramadan jatuh pada Senin besok.

Dalam sidang isbat kali ini, Kemenag mengundang 63 orang. Mereka berasal dari Komisi VIII DPR, Majelis Ulama Indonesia (MUI), BMKG, Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan), Badan Informasi Geospasial (BIG), dan Bosscha Institut Teknologi Bandung (ITB), Planetarium, pakar falak dari ormas-ormas Islam, serta perwakilan negara sahabat yang terlibat.

Sekertaris Ditjen Bimas Islam Kemenag RI, Tarmizi Tohor mengatakan, agenda sidang tadi diawali dengan pemaparan posisi hilal, dilanjutkan dengan mendengarkan laporan tim rukyatul hilal yang telah dibentuk Kemenag di 34 Provinsi di Indonesia.

Sementara, Direktur Jenderal Bimas Islam, Muhammadiyah Amin mengungkapkan, pemantauan hilal dilakukan oleh tim falakiyah rukyatul hilal Kemenag di seratusan titik. “Kami melakukan pantauan di 102 titik di Indonesia,” ungkapnya.

PBNU juga tetapkan 1 Ramadan Senin besok

Dalam rangka penentuan awal Bulan Ramadan 1440 H, Tim Rukyatul Hilal Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU)/ Lembaga Falakhiyah telah melakukan rukyatul hilal bil fi'li di beberapa lokasi rukyah dan telah berhasil melihat hilal (bulan) pada Senin (6/5/2019).

“NU mengikhbarkan atau memberitahukan bahwa awal Ramadan 1440 Hijriyah pada Senin, 6 Mei 2019. Kepada warga Nahdlatul Ulama dan umat Islam pada umumnya kami sampaikan selamat menunaikan ibadah puasa Ramadan dengan penuh keimanan, keyakinan,” tutur Ketua Umum PBNU KH Said Aqil Siroj dalam pernyataan tertulisnya.

PBNU juga menyerukan warganya untuk mengikuti Pemerintah Indonesia dalam penetapan awal Ramadan dan Syawal.

Kiai Said juga berpesan agar Ramadan bisa dijadikan sebagai momentum kerohanian untuk menyucikan diri dengan penuh peningkatan ketakwaan. "Perbanyak membaca Alquran, zikir, beribadah dengan penuh kekhusyukan dan berbagai aktivitas sosial yang bermanfaat. Semoga amal ibadah puasa kita diterima Allah SWT,” tuturnya.




Sumber : https://www.inews.id/news/nasional/sidang-isbat-kemenag-besok-1-ramadan/535665








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL