Kompetensi Utama

Layanan


Jajaki Kerja Sama, APSCO Silaturahmi ke LAPAN
Penulis Berita : humas/sgd • Fotografer : humas/sgd • 08 May 2019 • Dibaca : 2019 x ,

Diskusi antara LAPAN dengan APSCO

Kepala LAPAN Prof Thomas Djamaluddin beserta jajaran pejabat struktural menerima kunjungan Sekretaris Jendral Asia-Pacific Space Cooperation Organization (APSCO) Dr. Li Xinjun di kantor LAPAN Pusat, Jakarta (8/5). Dalam kunjungan ini, LAPAN turut mengundang perwakilan dari Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia untuk bersama-sama mengkaji peluang kerja sama Indonesia dengan APSCO. 

Dalam pertemuan ini, Prof Thomas menjelaskan hasil litbang penerbangan dan antariksa yang telah dilakukan oleh LAPAN sedangkan Dr. Li Xinjun juga memaparkan mengenai organisasi APSCO. APSCO merupakan kerja sama multi lateral di bidang penerbangan dan antariksa se- Asia Pasifik dimana telah bergabung beberapa negara seperti China, Pakistan, Turki, Peru dan beberapa negara lainnya. APSCO ini sama seperti seperti European GNSS Agency (GSA) dan European Space Agency (ESA) di eropa.

“Keunggulan Indonesia bila bergabung dengan APSCO antara lain akan mendapatkan pelatihan, pendidikan formal, perencanaan strategis dan manajemen program, operasi program dan layanan data (untuk mitigasi bencana) serta hubungan eksternal dan hukum,” ujar Sekjen APSCO, Lin Xinjun.

Li Xinjun juga menyampaikan bahwa saat ini ada 11 orang mahasiswa asal Indonesa yang telah mendapatkan beasiswa dari APSCO dan beasiswa Master dan Kedoktoran perguruan tinggi akan diutamakan dalam kerja sama ini. Berbagai kegiatan lainnya dalam kerja sama ini antara lain melakukan observasi benda antariksa dengan beberapa lembaga keantariksaan di seluruh belahan dunia.
Untuk melanjutkan kerja sama ini, LAPAN melalui Pusat Kajian Kebijakan Penerbangan dan Antariksa bersama dengan Kementerian Luar Negeri akan segera menyelesaikan regulasi untuk kerja sama regional Asia Pasifik ini.





Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL