Kompetensi Utama

Layanan


LAPAN buka kerja sama pengembangan roket
Penulis : Martha Herlinawati S • Media : antaranews.com • 17 May 2019 • Dibaca : 2778 x ,

"Kerja sama dengan mitra luar negeri terutama pada transfer teknologi dan penyediaan bahan yang belum bisa diproduksi di dalam negeri."

Jakarta (ANTARA) - Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) Thomas Djamaluddin mengatakan membuka peluang kerja sama dengan berbagai negara mitra untuk pengembangan roket di Indonesia.

"Untuk percepatan penguasaan teknologi roket dengan target penguasaan roket bertingkat untuk roket peluncur satelit orbit rendah, LAPAN sedang berupaya menjalin kerja sama dengan negara mitra," kata Thomas saat dihubungi Antara di Jakarta, Jumat (17/5)

Thomas menuturkan kerja sama dengan mitra luar negeri terutama pada transfer teknologi dan penyediaan bahan yang belum bisa diproduksi di dalam negeri.

Menurut Thomas, pengembangan roket tergolong paling sulit, karena teknologi ini tergolong sensitif dan bersifat dual-use, bisa untuk sipil dan militer.

Namun, LAPAN terus berupaya untuk meningkatkan kemampuannya, dimulai dari roket ukuran kecil.

Program roket sipil oleh LAPAN saat ini difokuskan untuk roket sonda untuk keperluan penelitian atmosfer, termasuk untuk mendukung teknologi modifikasi cuaca.

"Roket RX 120 saat ini sudah dianggap cukup stabil. Roket RX 360 sedang ditingkatkan kinerjanya. Roket RX 450 sudah mulai tahap uji terbang," ujarnya.

Sementara, roket pertahanan tetap diteruskan, tetapi itu ranahnya Kementerian Pertahanan.







Pewarta: Martha Herlinawati S
Editor: Ridwan Chaidir
COPYRIGHT © ANTARA 2019

sumber : https://www.antaranews.com/berita/874672/lapan-buka-kerja-sama-pengembangan-roket








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL