Kompetensi Utama

Layanan


Pegunungan Timau Bakal Jadi Kawasan Wisata Iptek
Penulis : Shanies Tri Pinasthi • Media : validnews.id • 17 May 2019 • Dibaca : 767 x ,

“Fasilitas observatorium nasional itu nantinya juga menjadi kawasan wisata ilmu pengetahuan dan teknologi. Kami menetapkan kawasan Timau menjadi salah satu destinasi wisata unggulan daerah,” kata Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kabupaten Kupang, Pieter Sabaneno, seperti dikutip Antara, Jumat (17/5).

Ia menambahkan, kehadiran fasilitas observatorium nasional milik Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) itu akan ikut mendorong pembangunan pariwisata di Kabupaten Kupang.

Pieter optimistis, arus kunjungan wisatawan nusantara maupun mancanegara ke kawasan pegunungan Timau sangat banyak. Pasalnya, fasilitas yang ada di observatorium Timau punya keunggulan untuk kepentingan penelitian terkait keantariksaan.

“Kami yakin banyak wisatawan dari berbagai penjuru dunia yang datang ke Timau untuk kegiatan penelitian, sehingga pemerintah Kabupaten Kupang akan membangun beberapa fasilitas di luar kawasan Timau untuk kepentingan wisata,” tambahnya.

Lebih lanjut, nantinya arus kunjungan wisatawan ke kawasan pegunungan Timau tentu akan mendongkrak pembangunan ekonomi masyarakat di kawasan pegunungan Timau.

Terlebih lagi, pembangunan ruas jalan Bokong-Lelogama yang dilakukan Pemerintah NTT akan mendorong percepatan pembangunan sektor pariwisata dan ekonomi masyarakat Kabupaten Kupang makin mengeliat.

“Pasti dengan sendirinya pembangunan ekonomi masyarakat menjadi lebih berkembang,” pungkasnya.

Bicara soal pariwisata di NTT, setidaknya ada 3 titik lokasi dengan jumlah wisatawan terbanyak. Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat kota Kupang menjadi destinasi utama dengan pengunjung mencapai 43,33% dari total wisatawan sebanyak 616.538 orang di tahun 2017.

Sementara itu, Kabupaten Manggarai Barat yang populer karena bentang alam nya mampu menarik 134.181 wisatawan, sedangkan kabupaten Sikka yang didominasi oleh wisata berbasis budaya berhasil memikat sebanyak 43.890 pengunjung.

Sedangkan, kunjungan wisatawan di Kabupaten Kupang terhitung cukup rendah. Masih mengutip dari data yang sama, pada 2017 jumlah wisatawan domestik yang berkunjung ke Kupang hanya sebanyak 366 orang. Padahal, sebelumnya wisatawan yang mengunjungi Kabupaten Kupang menembus 1.846 orang. (Shanies Tri Pinasthi)







sumber : https://www.validnews.id/Pegunungan-Timau-Bakal-Jadi-Kawasan-Wisata-Iptek-HWq








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL