Kompetensi Utama

Layanan


Yuk Sempurnakan Arah Kiblat, Cek Waktu dan Caranya
Penulis : Nur Khansa Ranawati • Media : ayobandung.com • 26 May 2019 • Dibaca : 1937 x ,

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM--Arah kiblat di masjid, musala atau rumah dapat disempurnakan pada waktu-waktu tertentu. Menurut Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), Thomas Djamaluddin, hal ini bukan karena arah kiblat yang berubah, namun karena sebagian besar arah kiblat di masjid dan musala penentuannya dilakukan sekadar mengacu pada arah kiblat masjid yang sudah ada atau mengandalkan kompas yang bisa jadi kurang akurat.

"Dengan bayangan matahari pada saat-saat tertentu, arah kiblat dapat lebih mudah dan lebih akurat ditentukan," tulisnya dalam laman blog pribadinya, tdjamaluddin.wordpress.com.

Dalam waktu dekat ini, matahari akan berada tepat di atas Ka'bah di Mekkah. Saat itu, arah matahari akan menunjukan arah kiblat. Untuk itu, penyempurnaan arah kiblat dapat dilakukan dengan memanfaatkan bayangan matahari.

Ada dua versi mengenai kapan matahari muncul tepat di atas Ka'bah. Menurut versi Badan Meteorologi dan Geofisika (BMKG) matahari muncul tepat di atas Ka'bah pada 27 dan 28 Mei 2019 tepat pada pukul 16.18 WIB.

Sementara, menurut versi LAPAN, matahari akan muncul pada 26-30 Mei 2019 antara pukul 16.13-16.23 WIB. Meski demikian, cara menentukan arah kiblat yang dijabarkan keduanya sama.

Pertama, Anda memerlukan benda atau batang lurus vertikal seperti tongkat, penggaris kayu panjang, atau memanfaatkan benda vertikal lain seperti kusen jendela/pintu dan sisi bangunan. Kedua, tancapkan batang tersebut secara tegak lurus pada tanah atau lantai sebelum matahari tepat berada di atas Ka'bah. Pastikan batang tersebut terkena sinar matahari dan menghasilkan bayangan.

Kemudian, tandai arah bayangan yang dihasilkan. Arah kiblat mengarah dari ujung bayangan menuju batang yang telah ditancapkan.

Thomas menuliskan, penandaan arah bayangan bisa dilakukan misalnya dengan menggunakan sajadah. Terakhir, buat garis shaf baru berdasarkan arah yang telah ditentukan.

Berdasarkan keterangan BMKG, kondisi seperti ini akan terulang tiap tahunnya pada 27-28 Mei dan 15-16 Juli. Sehingga, Anda dapat kembali mengecek keakuratan arah kiblat pada waktu-waktu tersebut dengan cara yang sama apabila masih ragu.








sumber : https://www.ayobandung.com/read/2019/05/26/53426/yuk-sempurnakan-arah-kiblat-cek-waktu-dan-caranya

Penulis: Nur Khansa Ranawati
Editor : Rizma Riyandi








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL