Kompetensi Utama

Layanan


ANRI Kunjungi LAPAN untuk Susun NSPK Pengelolaan Arsip Elektronik
Penulis Berita : Humas/Roy-ILA • Fotografer : Humas/Roy • 01 Jul 2019 • Dibaca : 504 x ,

Diskusi dan dialog rencana penyusunan kebijakan kearsipan elektronik oleh Tim ANRI dan pejabat struktural serta arsiparis LAPAN

Senin (01/07), LAPAN menerima kunjungan ANRI yang dipimpin oleh Kepala Bidang Sistem Kearsipan Dinamis, Suminarsih. Kunjungan ini untuk berdialog terkait pengelolaan arsip penerbangan dan antariksa di LAPAN, dalam upaya meningkatkan pengelolaan arsip, khususnya arsip elektronik. 

Perlu diketahui, Pusat Pengkajian dan Pengembangan Sistem Kearsipan ANRI, saat ini sedang menyiapkan dan menyusun pedoman Norma, Standar, Prosedur, dan Kriteria (NSPK) dalam Pengelolaan Arsip Elektronik. NSPK ini untuk para pencipta arsip dan lembaga kearsipan dalam penciptaan dan pengelolaan arsip elektronik. Salah satu instansi yang dijadikan sebagai rujukan adalah LAPAN. Dasar pertimbangannya, LAPAN memiliki tugas pokok dan fungsi yang berbeda dan unik, yaitu di bidang kedirgantaraan dan keantariksaan. Oleh karena itu, dipastikan telah menciptakan arsip-arsip dalam berbagai bentuk dan media baik konvensional maupun elektronik.

Pada pertemuan tersebut, Arsiparis Utama LAPAN, Arisdiyo memaparkan tentang arsip-arsip elektronik yang ada di LAPAN dari awal diciptakan hingga dilayankan kepada publik. Pertemuan dilanjutkan dengan diskusi terkait dengan penciptaan dan pengelolaan arsip konvensional maupun elektronik yang telah dihasilkan oleh LAPAN. Fokus diskusi adalah hal-hal terkait pengelolaan arsip elektronik di LAPAN yang terdiri dari prinsip pengelolaan, proses bisnis pengelolaan arsip elektronik dari penciptaan, penyimpanan, penggunaan, migrasi, sampai dengan pemanfaatannya.

Diharapkan, hasil pertemuan ini menjadi bahan masukan dan pertimbangan ANRI dalam penyusunan Kebijakan kearsipan elektronik yang sedang disusun. 

Kunjungan Tim ANRI ini diterima langsung oleh Kepala Subbagian Pengelolaan Arsip Aktif, Fira Malfina, Kepala Subbagian Pengelolaan Arsip Inaktif, Wendia K. Wardian, serta para pejabat fungsional arsiparis di Ruang Bimasakti, Kantor LAPAN Pusat, Jakarta. Pertemuan selanjutnya akan ditindaklanjuti dengan rencana tinjauan langsung ke satuan kerja yang menciptakan dan mengelola arsip elektronik, yaitu Pusat Sains dan Teknologi Atmosfer atau Pusat Sains Antariksa di Bandung.


Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL