Kompetensi Utama

Layanan


Litbang Sains dan Teknologi Atmosfer LAPAN Bantu Wujudkan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs)
Penulis Berita : Humas/PSTA • Fotografer : Humas/PSTA • 05 Jul 2019 • Dibaca : 488 x ,

Peserta Seminar Nasional Sains Atmosfer (SNSA)

LAPAN kembali selenggarakan Seminar Nasional Sains Atmosfer (SNSA) 2019 di Kedeputian Sains Antariksa dan Atmosfer, LAPAN Bandung Kamis (4/07). Acara ini dihadiri oleh 52 pemakalah yang berasal dari berbagai lembaga riset dan perguruan tinggi, serta tamu undangan yang mencapai 150 orang. Seminar dibuka oleh Kepala LAPAN, Prof Thomas Djamaluddin dan mengambil tema “Peran Sains dan Teknologi Atmosfer dalam mewujudkan SDGs (Sustainable Development Goals) di Indonesia”.

SNSA 2019 ini menghadirkan berbagai narasumber dan pembicara antara lain Deputi Bidang Sains Antariksa dan Atmosfer LAPAN Afif Budiyono, Deputi bidang penginderaan jauh LAPAN, Dr. Orbita Roswintiarti, Kasubdit PTI Bidang Energi dan Transportasi, Ristekdikti, Dr. Syafarudin, Prof. Muhayatun Santoso dari BATAN. Para pembicara mengingatkan pentingnya peran penelitian dalam mendukung tujuan pembangunan berkelanjutan, hal ini untuk menjawab tantangan zaman melalui riset dan teknologi.

Penelitian mengenai sains atmosfer terus mengalami perkembangan khususnya yang berkaitan dengan peningkatan kualitas lingkungan hidup serta adanya upaya mitigasi dan adaptasi terhadap perubahan yang terjadi pada atmosfer bumi. Penerapan SDGs merupakan kunci bagi suatu negara untuk dapat memiliki daya saing di dunia Internasional, LAPAN sebagai lembaga litbang turut mendukung capaian tujuan pembangunan berkelanjutan tersebut dengan kompetensinya dibidang teknologi sains dan atmosfer.

Dalam seminar ini pakar dan peneliti dari berbagai instansi dan perguruan tinggi berkumpul untuk berdiskusi guna membangun jejaring tentang cuaca, iklim, komposisi atmosfer, perkembangan teknologi atmosfer dan ruang lingkup sains atmsofer lainnya.
Materi seminar ini juga menampilkan hasil penelitian , kajian, perekayasaan dan analisis yang berkaitan dengan topik kebencanaan hidrometeorologi, teknologi pengamatan atmosfer, perubahan iklim, kimia dan lingkungan atmosfer, serta atmosfer maritim. Hasil dari seminar ini akan memacu kualitas penelitian dan pengembangan sains dan teknologi atmosfer yang dapat berkontribusi dalam pencapaian pembangunan berkelanjutan.

Seluruh materi yang disajikan dalam seminar ini akan dimuat dalam Prosiding Seminar Nasional Sains Atmsofer dan jurnal nasional terakreditasi melalui mekanisme review dan kriteria tertentu. Berikut jurnal yang direncanakan sebagai media publikasi hasil seminar SNSA :
• Jurnal Sains Dirgantara (LAPAN)
• Jurnal Penginderaan Jauh dan Pengolahan Data Citra Digital (LAPAN)
• International Journal of Remote Sensing and Earth Science-IJReSES (LAPAN)
• Jurnal Meteorologi dan Geofisika (BMKG)
• Jurnal Sains dan Teknologi Modifikasi Cuaca (BPPT)
• Jurnal Teknologi Lingkungan (JTL)
• Jurnal Manusia dan Lingkungan (UGM)
• Indonesian Journal of Geography (UGM)
• Indonesian Journal of Spatial and Regional Analysis (Forum Geografi)
• Jurnal Ilmu dan Teknologi Kelautan Tropis (IPB)
• GLOBE (BIG)




Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL